PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Mitra Dewi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1091/ |
ctrlnum |
1091 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1091/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK
BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs
SAWAH KECAMATAN KAMPAR
UTARA KABUPATEN
KAMPAR</title><creator>Mitra Dewi, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Utara
Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik
Bertukar Pasangan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah
“Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII
MTs Sawah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan?”.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi
antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII MTs Sawah yang berjumlah 26 orang, sedangkan yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematika.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi,
observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah
diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan,
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.
Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum tindakan
secara klasikal adalah 38,46%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah
53,84%, siklus II adalah 65,38%, dan siklus III adalah 84.61%. Dari data yang
dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran
teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf</identifier><identifier> Mitra Dewi, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1091</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mitra Dewi, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK
BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs
SAWAH KECAMATAN KAMPAR
UTARA KABUPATEN
KAMPAR |
publishDate |
2011 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1091/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Utara
Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik
Bertukar Pasangan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah
“Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII
MTs Sawah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan?”.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi
antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII MTs Sawah yang berjumlah 26 orang, sedangkan yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematika.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi,
observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah
diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan,
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.
Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum tindakan
secara klasikal adalah 38,46%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah
53,84%, siklus II adalah 65,38%, dan siklus III adalah 84.61%. Dari data yang
dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran
teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika. |
id |
IOS7815.1091 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:02Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821880058478592 |
score |
17.538404 |