PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Mitra Dewi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1091/
ctrlnum 1091
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1091/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK&#xD; BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN&#xD; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH&#xD; MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs&#xD; SAWAH KECAMATAN KAMPAR&#xD; UTARA KABUPATEN&#xD; KAMPAR</title><creator>Mitra Dewi, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan&#xD; masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Utara&#xD; Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik&#xD; Bertukar Pasangan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah&#xD; &#x201C;Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII&#xD; MTs Sawah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model&#xD; Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan?&#x201D;.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi&#xD; antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini&#xD; adalah siswa kelas VIII MTs Sawah yang berjumlah 26 orang, sedangkan yang&#xD; menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah&#xD; matematika.&#xD; Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi,&#xD; observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah&#xD; diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan,&#xD; Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.&#xD; Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum tindakan&#xD; secara klasikal adalah 38,46%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah&#xD; 53,84%, siklus II adalah 65,38%, dan siklus III adalah 84.61%. Dari data yang&#xD; dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran&#xD; teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa&#xD; khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf</identifier><identifier> Mitra Dewi, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1091</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mitra Dewi,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2011
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1091/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sawah yang berjumlah 26 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum tindakan secara klasikal adalah 38,46%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah 53,84%, siklus II adalah 65,38%, dan siklus III adalah 84.61%. Dari data yang dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.
id IOS7815.1091
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:02Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:02Z
recordtype dc
_version_ 1674821880058478592
score 17.538404