PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Siti Marhamah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1085/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ? Penelitian yang di lakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan, tiap pertemuan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan tindakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem pada siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 58,67, dengan nilai klasikal 50,00%, sedangkan rata-rata setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem adalah 67,00 dengan nilai klasikalnya 60,00% pada siklus I, pada siklus II nilai rata- rata 70,67 dengan nilai klasikalnya 73,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 75,67 dengan nilai klasikal 86,67%.