PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Siti Marhamah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1085/
ctrlnum 1085
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1085/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN&#xD; METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL&#xD; BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS&#xD; AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Siti Marhamah, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran&#xD; Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar&#xD; Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten&#xD; Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Rumusan&#xD; penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD&#xD; dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa&#xD; Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok&#xD; bahasan sistem persamaan linier dua variabel ?&#xD; Penelitian yang di lakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu&#xD; guru berperan langsung dalam proses pembelajaran, Subyek penelitian ini adalah siswa&#xD; kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian&#xD; tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan, tiap pertemuan&#xD; meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan&#xD; data digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan&#xD; tindakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan untuk&#xD; mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa&#xD; diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan&#xD; sesudah tindakan.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan&#xD; hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD&#xD; dengan metode stratagem pada siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung&#xD; pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari&#xD; peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan&#xD; sebelum tindakan adalah 58,67, dengan nilai klasikal 50,00%, sedangkan rata-rata&#xD; setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem&#xD; adalah 67,00 dengan nilai klasikalnya 60,00% pada siklus I, pada siklus II nilai rata-&#xD; rata 70,67 dengan nilai klasikalnya 73,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa&#xD; mencapai 75,67 dengan nilai klasikal 86,67%.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf</identifier><identifier> Siti Marhamah, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1085</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siti Marhamah,
title PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2011
topic 373.236 Sekolah Menengah Pertama
SMP
url http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1085/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ? Penelitian yang di lakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan, tiap pertemuan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan tindakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem pada siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 58,67, dengan nilai klasikal 50,00%, sedangkan rata-rata setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem adalah 67,00 dengan nilai klasikalnya 60,00% pada siklus I, pada siklus II nilai rata- rata 70,67 dengan nilai klasikalnya 73,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 75,67 dengan nilai klasikal 86,67%.
id IOS7815.1085
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:02Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:02Z
recordtype dc
_version_ 1674821880035409920
score 17.538404