PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Siti Marhamah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1085/ |
ctrlnum |
1085 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1085/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN
METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS
AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Siti Marhamah, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten
Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Rumusan
penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok
bahasan sistem persamaan linier dua variabel ?
Penelitian yang di lakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu
guru berperan langsung dalam proses pembelajaran, Subyek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian
tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan, tiap pertemuan
meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan
data digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan
tindakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan untuk
mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa
diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan
sesudah tindakan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan
hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD
dengan metode stratagem pada siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung
pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan
sebelum tindakan adalah 58,67, dengan nilai klasikal 50,00%, sedangkan rata-rata
setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem
adalah 67,00 dengan nilai klasikalnya 60,00% pada siklus I, pada siklus II nilai rata-
rata 70,67 dengan nilai klasikalnya 73,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa
mencapai 75,67 dengan nilai klasikal 86,67%.</description><date>2011-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf</identifier><identifier> Siti Marhamah, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1085</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Siti Marhamah, |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN
METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS
AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TAPUNG
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2011 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1085/1/2011_2011478.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1085/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten
Kampar, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Rumusan
penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
dengan Metode Stratagem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, pada pokok
bahasan sistem persamaan linier dua variabel ?
Penelitian yang di lakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu
guru berperan langsung dalam proses pembelajaran, Subyek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian
tindakan kelas dilaksanakan tiga siklus dengan tiga kali pertemuan, tiap pertemuan
meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan
data digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati pelaksanaan
tindakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan untuk
mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa
diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan
sesudah tindakan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan
hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD
dengan metode stratagem pada siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Tapung
pada pokok bahasan system persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan
sebelum tindakan adalah 58,67, dengan nilai klasikal 50,00%, sedangkan rata-rata
setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode stratagem
adalah 67,00 dengan nilai klasikalnya 60,00% pada siklus I, pada siklus II nilai rata-
rata 70,67 dengan nilai klasikalnya 73,33%, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa
mencapai 75,67 dengan nilai klasikal 86,67%. |
id |
IOS7815.1085 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:02Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821880035409920 |
score |
17.538404 |