PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TUALANG - SIAK
Main Author: | Ridwan Ali, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10488/1/2010_2010292PK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10488/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah masih kurangnya aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa Kelas XI IPA 2 , Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang- Siak masih perlu ditingkatkan. hal ini terlihat dari gejala-gejala seperti: masih ada sebagian siswa yang kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru, siswa masih bersikap menerima apa adanya pelajaran yang disampaikan guru. Memperhatikan masalah di atas maka perlu dikembangkan suatu model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia di kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang- Siak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan mengisi lembar observasi aktivitas siswa dan guru kemudian membandingkannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan nilai hasil belajar siswa meningkat dari 55% sampai 87% .