Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang

Main Authors: Ipastion, Ipastion, Khadijah, Khadijah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang , 2019
Online Access: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218
Daftar Isi:
  • Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang.