Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang

Main Authors: Ipastion, Ipastion, Khadijah, Khadijah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang , 2019
Online Access: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218
ctrlnum article-332
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang</title><creator>Ipastion, Ipastion</creator><creator>Khadijah, Khadijah</creator><description lang="en-US">Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.&lt; 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-04-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332</identifier><identifier>10.15548/mrb.v2i1.332</identifier><source lang="en-US">Murabby: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2019): Murabby Vol. 2 No. 1 April 2019; 89-100</source><source>2622-4712</source><source>2615-2061</source><language>eng</language><relation>https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Murabby: Jurnal Pendidikan Islam</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-332</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Ipastion, Ipastion
Khadijah, Khadijah
title Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang
publisher Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
publishDate 2019
url https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218
contents Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang.
id IOS7687.article-332
institution Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1263
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Program Studi Pendidikan Agama Islam
library_id 2697
collection Murabby Jurnal Pendidikan Islam
repository_id 7687
city Padang
province SUMATERA BARAT
repoId IOS7687
first_indexed 2020-01-16T03:37:42Z
last_indexed 2020-01-16T03:37:42Z
recordtype dc
_version_ 1686560666529300480
score 17.538404