Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang
Main Authors: | Ipastion, Ipastion, Khadijah, Khadijah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332 https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218 |
ctrlnum |
article-332 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang</title><creator>Ipastion, Ipastion</creator><creator>Khadijah, Khadijah</creator><description lang="en-US">Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-04-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332</identifier><identifier>10.15548/mrb.v2i1.332</identifier><source lang="en-US">Murabby: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2019): Murabby Vol. 2 No. 1 April 2019; 89-100</source><source>2622-4712</source><source>2615-2061</source><language>eng</language><relation>https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Murabby: Jurnal Pendidikan Islam</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-332</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Ipastion, Ipastion Khadijah, Khadijah |
title |
Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang |
publisher |
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang |
publishDate |
2019 |
url |
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332 https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/view/332/218 |
contents |
Metode tartil dapat diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri serta mampu membaca, menulis dan melagukan secara muratal tingkatan-tingkatan irama tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode tartil dalam pembelajaran PAQ siswa kelas XII di SMK N I Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes lisan kelas eksperimen 82 dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 80,8261. Sedangkan perolehan rata-rata tes lisan kelas eksperimen 77,73913, dan rata-rata nilai tes lisan kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa tes lisan kelas eksperimen adalah 4,348%, sedangkan pada kelas kontrol 8,696 %. Dalam hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata nilai post tes kelas eksperimen 77,73913 dan rata-rata kelas kontrol 68,86957. Persentase ketuntasan belajar siswa post tes kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan pada kelas kontrol 52%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dengan bantuan SPSS versi 22 didapatkan sign alpa (0,021.< 0,005), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Metode Tartil dengan Metode Bagdhadiah pada mata pelajaran PAQ kelas XII di SMK N I Gunung Talang. |
id |
IOS7687.article-332 |
institution |
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1263 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Program Studi Pendidikan Agama Islam |
library_id |
2697 |
collection |
Murabby Jurnal Pendidikan Islam |
repository_id |
7687 |
city |
Padang |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS7687 |
first_indexed |
2020-01-16T03:37:42Z |
last_indexed |
2020-01-16T03:37:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686560666529300480 |
score |
17.538404 |