Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar IPS dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan media gambar

Main Author: Marwiah, Marwiah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15518/1/09%20Juni%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15518/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
ctrlnum 15518
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repositori.kemdikbud.go.id/15518/</relation><title>Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar IPS dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan media gambar</title><creator>Marwiah, Marwiah</creator><subject>Mutu Pendidikan</subject><subject>Siswa</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Terdapat setengah lebih jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pada materi pokok &#x201C;Peristiwa Penting Dalam Keluarga&#x201D;. Hal ini ditegaskan dari jumlah 35 siswa hanya 7 siswa atau sekitar 20,00% siswa yang sudah tuntas dan nilai rata-rata siswa hanya 54,00. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa banyak pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Membuktikan pemberian latihan secara intensif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran menggunakan media gambar dan sebagai pedoman, panduan dan perbandingan dalam meningkatkan proses belajar mengajar dalam kelas.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I E SD Negeri 009 Balikpapan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis, observasi pada siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara kualitatif disertai penyajian data dalam bentuk tabel. Setelah adanya perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 61,14 dan yang tuntas mencapai 31,43%. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai diatas 70 semakin bertambah dengan rata rata kelas mencapai 71,14. Namun masih lebih dari 10% yang belum tuntas. Pada siklus III terlihat peningkatan yang sangat signifikan. Nilai rata-rata siswa mencapai 84,86 dengan ketuntasan 100%.</description><publisher>Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah</publisher><date>2016-06-09</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_4</rights><identifier>http://repositori.kemdikbud.go.id/15518/1/09%20Juni%202016.pdf</identifier><identifier> Marwiah, Marwiah (2016) Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar IPS dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan media gambar. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, X (1). pp. 87-94. ISSN 1858-3105 </identifier><relation>http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id</relation><recordID>15518</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Marwiah, Marwiah
title Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar IPS dengan model pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan media gambar
publisher Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
publishDate 2016
topic Mutu Pendidikan
Siswa
Pembelajaran
url http://repositori.kemdikbud.go.id/15518/1/09%20Juni%202016.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15518/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
contents Terdapat setengah lebih jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pada materi pokok “Peristiwa Penting Dalam Keluarga”. Hal ini ditegaskan dari jumlah 35 siswa hanya 7 siswa atau sekitar 20,00% siswa yang sudah tuntas dan nilai rata-rata siswa hanya 54,00. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa banyak pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Membuktikan pemberian latihan secara intensif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran menggunakan media gambar dan sebagai pedoman, panduan dan perbandingan dalam meningkatkan proses belajar mengajar dalam kelas.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I E SD Negeri 009 Balikpapan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis, observasi pada siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara kualitatif disertai penyajian data dalam bentuk tabel. Setelah adanya perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 61,14 dan yang tuntas mencapai 31,43%. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai diatas 70 semakin bertambah dengan rata rata kelas mencapai 71,14. Namun masih lebih dari 10% yang belum tuntas. Pada siklus III terlihat peningkatan yang sangat signifikan. Nilai rata-rata siswa mencapai 84,86 dengan ketuntasan 100%.
id IOS7587.15518
institution repositori.kemdikbud.go.id/
institution_id 3388
institution_type archive:archive
archive
library perpustakaan kemdikbud
library_id 2648
collection Mata Angin: antologi cerita pendek dan puisi bengkel sastra 1997
repository_id 7587
city JAKARTA PUSAT
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7587
first_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
last_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
recordtype dc
_version_ 1674784519805206528
score 17.538404