Upaya peningkatan hasil belajar seni budaya kelas VII A SMP Negeri Muara Muntai melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw
Main Author: | Saryono, Saryono |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/1/10%20Desember%202008.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/ https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/ |
Daftar Isi:
- Mata Pelajaran Seni Budaya yang masuk kedalam kelompok mata pelajaran estetika merupakan mata pelajaran wajib yang harus diajarkan, namun dalam pembelajarannya masih banyak kendala, sehingga menyebabkan prestasi belajar seni musik sangat rendah. Rendahnya prestasi belajar tersebut terlihat masih banyaknya siswa yang tidak bisa menyanyi dengan benar. Dari 24 siswa kelas VII a setelah dicek secara mendadak dengan menggunakan pretes, siswa yang dapat menyanyi dengan baik ada 5 orang,yang agak bisa menyanyi 9 orang dan yang tidak bisa sama sekali ada 10 orang. Untuk menanggulangi kendala tersebut maka perlu digunakan model pembelajaran yang tepat yaitu Kooperatif jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dengan materi pokok praktek Vokal. Tempat penelitian adalah di SMP Negeri 3 MuaraMuntai, sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII a.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Kooperatif jigsaw mampu meningkatkan kerjasama siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil obsevasi tentang kerjasama di siklus I ke siklus II siswa yang baik dan sangat baik mengalami peningkatan sebesar 28 % ,sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata rata bedasarkan batas kentuntasan belajar sebesar 5,1% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 14%.