Upaya peningkatan hasil belajar seni budaya kelas VII A SMP Negeri Muara Muntai melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw

Main Author: Saryono, Saryono
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2008
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/1/10%20Desember%202008.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/
https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/
ctrlnum 15512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/</relation><title>Upaya peningkatan hasil belajar seni budaya kelas VII A SMP Negeri Muara Muntai melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw</title><creator>Saryono, Saryono</creator><subject>Siswa</subject><subject>Pembelajaran</subject><description>Mata Pelajaran Seni Budaya yang masuk kedalam kelompok mata pelajaran estetika merupakan mata pelajaran wajib yang harus diajarkan, namun dalam pembelajarannya masih banyak kendala, sehingga menyebabkan prestasi belajar seni musik sangat rendah. Rendahnya prestasi belajar tersebut terlihat masih banyaknya siswa yang tidak bisa menyanyi dengan benar. Dari 24 siswa kelas VII a setelah dicek secara mendadak dengan menggunakan pretes, siswa yang dapat menyanyi dengan baik ada 5 orang,yang agak bisa menyanyi 9 orang dan yang tidak bisa sama sekali ada 10 orang. Untuk menanggulangi kendala tersebut maka perlu digunakan model pembelajaran yang tepat yaitu Kooperatif jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dengan materi pokok praktek Vokal. Tempat penelitian adalah di SMP Negeri 3 MuaraMuntai, sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII a.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Kooperatif jigsaw mampu meningkatkan kerjasama siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil obsevasi tentang kerjasama di siklus I ke siklus II siswa yang baik dan sangat baik mengalami peningkatan sebesar 28 % ,sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata rata bedasarkan batas kentuntasan belajar sebesar 5,1% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 14%.</description><publisher>Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah</publisher><date>2008-12</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/1/10%20Desember%202008.pdf</identifier><identifier> Saryono, Saryono (2008) Upaya peningkatan hasil belajar seni budaya kelas VII A SMP Negeri Muara Muntai melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, II (2). pp. 131-150. ISSN 1858-3105 </identifier><relation>https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/</relation><recordID>15512</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Saryono, Saryono
title Upaya peningkatan hasil belajar seni budaya kelas VII A SMP Negeri Muara Muntai melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw
publisher Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
publishDate 2008
topic Siswa
Pembelajaran
url http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/1/10%20Desember%202008.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15512/
https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/
contents Mata Pelajaran Seni Budaya yang masuk kedalam kelompok mata pelajaran estetika merupakan mata pelajaran wajib yang harus diajarkan, namun dalam pembelajarannya masih banyak kendala, sehingga menyebabkan prestasi belajar seni musik sangat rendah. Rendahnya prestasi belajar tersebut terlihat masih banyaknya siswa yang tidak bisa menyanyi dengan benar. Dari 24 siswa kelas VII a setelah dicek secara mendadak dengan menggunakan pretes, siswa yang dapat menyanyi dengan baik ada 5 orang,yang agak bisa menyanyi 9 orang dan yang tidak bisa sama sekali ada 10 orang. Untuk menanggulangi kendala tersebut maka perlu digunakan model pembelajaran yang tepat yaitu Kooperatif jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dengan materi pokok praktek Vokal. Tempat penelitian adalah di SMP Negeri 3 MuaraMuntai, sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII a.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Kooperatif jigsaw mampu meningkatkan kerjasama siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil obsevasi tentang kerjasama di siklus I ke siklus II siswa yang baik dan sangat baik mengalami peningkatan sebesar 28 % ,sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata rata bedasarkan batas kentuntasan belajar sebesar 5,1% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 14%.
id IOS7587.15512
institution repositori.kemdikbud.go.id/
institution_id 3388
institution_type archive:archive
archive
library perpustakaan kemdikbud
library_id 2648
collection Mata Angin: antologi cerita pendek dan puisi bengkel sastra 1997
repository_id 7587
city JAKARTA PUSAT
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7587
first_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
last_indexed 2020-04-08T07:01:12Z
recordtype dc
_version_ 1674784519787380736
score 17.538404