PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC) GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS”
ctrlnum |
5061 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.itn.ac.id/5061/</relation><title>PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE
PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC)
GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS”</title><creator>Safitra, Wahyu</creator><subject>Informatics Engineering</subject><description>PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE
PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC)
GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS”
Wahyu Safitra
Teknik Informatika – ITN Malang
E-mail : wahyuhideki@gmail.com
ABSTRAK
Genre strategy merupakan jenis game yang cukup populer dikalangan anakanak sampai dewasa. Game strategy sendiri memiliki berbagai manfaat secara tidak
langsung yang akan dialami oleh para pemainnya, dimana pemain harus berpikir
serta mengalalisis langkah atau tindakan apa yang harus dilakukan sebelum
melakukan aksi.
Sebagai salah satu katakter kunci untuk membangun tantangan dalam game,
metode Finite State Machine akan diterapkan pada NPC dan objek-objek yang akan
menjadi pemicu jebakan. Dengan menggunakan metode FSM, tiap state dapat
diterapkan algoritma yang beragam yang memungkinkan NPC dapat melakukan
aksi yang berfariatif ketika ada interaksi dengan player.
Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi game yang dapat dijalankan
pada platform desktop windows dan dapat disimpulkan bahwa hampir semua fungsi
baik pada objek, fungsi utama, maupun musuh dapatberjalan dengan baik, serta dari
10 responden 86% memberikan tanggapan yang baik. Dengan demikian
penggunaaan metode finite state machine cocok diterapkan pada NPC game dengan
genre action strategy.
Kata Kunci : Game, Finite State Machine, NPC, Strategy</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/1/1618095_AWAL%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/2/1618095_BAB%20I%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/3/1618095_BAB%20II%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/4/1618095_BAB%20III%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/5/1618095_BAB%20IV%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/6/1618095_BAB%20V%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/7/1618095_DAFTAR_PUSTAKA%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/8/1618095_LAMPIRAN%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><identifier> Safitra, Wahyu (2020) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC) GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional. </identifier><recordID>5061</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Safitra, Wahyu |
title |
PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE
PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC)
GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS” |
publishDate |
2020 |
topic |
Informatics Engineering |
url |
http://eprints.itn.ac.id/5061/1/1618095_AWAL%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/2/1618095_BAB%20I%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/3/1618095_BAB%20II%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/4/1618095_BAB%20III%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/5/1618095_BAB%20IV%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/6/1618095_BAB%20V%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/7/1618095_DAFTAR_PUSTAKA%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/8/1618095_LAMPIRAN%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf http://eprints.itn.ac.id/5061/ |
contents |
PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE
PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC)
GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS”
Wahyu Safitra
Teknik Informatika – ITN Malang
E-mail : wahyuhideki@gmail.com
ABSTRAK
Genre strategy merupakan jenis game yang cukup populer dikalangan anakanak sampai dewasa. Game strategy sendiri memiliki berbagai manfaat secara tidak
langsung yang akan dialami oleh para pemainnya, dimana pemain harus berpikir
serta mengalalisis langkah atau tindakan apa yang harus dilakukan sebelum
melakukan aksi.
Sebagai salah satu katakter kunci untuk membangun tantangan dalam game,
metode Finite State Machine akan diterapkan pada NPC dan objek-objek yang akan
menjadi pemicu jebakan. Dengan menggunakan metode FSM, tiap state dapat
diterapkan algoritma yang beragam yang memungkinkan NPC dapat melakukan
aksi yang berfariatif ketika ada interaksi dengan player.
Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi game yang dapat dijalankan
pada platform desktop windows dan dapat disimpulkan bahwa hampir semua fungsi
baik pada objek, fungsi utama, maupun musuh dapatberjalan dengan baik, serta dari
10 responden 86% memberikan tanggapan yang baik. Dengan demikian
penggunaaan metode finite state machine cocok diterapkan pada NPC game dengan
genre action strategy.
Kata Kunci : Game, Finite State Machine, NPC, Strategy |
id |
IOS7523.5061 |
institution |
Institut Teknologi Nasional Malang |
institution_id |
552 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Teknologi Nasional Malang |
library_id |
643 |
collection |
Eprints ITN Malang |
repository_id |
7523 |
subject_area |
Teknik kimia Sipil Geodesy/Geodesi Planologi |
city |
KOTA MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS7523 |
first_indexed |
2020-09-28T00:34:55Z |
last_indexed |
2020-09-28T00:34:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686544632794578944 |
score |
17.538404 |