ctrlnum 5061
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.itn.ac.id/5061/</relation><title>PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE&#xD; PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC)&#xD; GAME ACTION STRATEGY &#x201C;OUROBOROS&#x201D;</title><creator>Safitra, Wahyu</creator><subject>Informatics Engineering</subject><description>PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE&#xD; PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC)&#xD; GAME ACTION STRATEGY &#x201C;OUROBOROS&#x201D;&#xD; Wahyu Safitra&#xD; Teknik Informatika &#x2013; ITN Malang&#xD; E-mail : wahyuhideki@gmail.com&#xD; ABSTRAK&#xD; Genre strategy merupakan jenis game yang cukup populer dikalangan anakanak sampai dewasa. Game strategy sendiri memiliki berbagai manfaat secara tidak&#xD; langsung yang akan dialami oleh para pemainnya, dimana pemain harus berpikir&#xD; serta mengalalisis langkah atau tindakan apa yang harus dilakukan sebelum&#xD; melakukan aksi.&#xD; Sebagai salah satu katakter kunci untuk membangun tantangan dalam game,&#xD; metode Finite State Machine akan diterapkan pada NPC dan objek-objek yang akan&#xD; menjadi pemicu jebakan. Dengan menggunakan metode FSM, tiap state dapat&#xD; diterapkan algoritma yang beragam yang memungkinkan NPC dapat melakukan&#xD; aksi yang berfariatif ketika ada interaksi dengan player.&#xD; Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi game yang dapat dijalankan&#xD; pada platform desktop windows dan dapat disimpulkan bahwa hampir semua fungsi&#xD; baik pada objek, fungsi utama, maupun musuh dapatberjalan dengan baik, serta dari&#xD; 10 responden 86% memberikan tanggapan yang baik. Dengan demikian&#xD; penggunaaan metode finite state machine cocok diterapkan pada NPC game dengan&#xD; genre action strategy.&#xD; Kata Kunci : Game, Finite State Machine, NPC, Strategy</description><date>2020-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/1/1618095_AWAL%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/2/1618095_BAB%20I%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/3/1618095_BAB%20II%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/4/1618095_BAB%20III%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/5/1618095_BAB%20IV%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/6/1618095_BAB%20V%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/7/1618095_DAFTAR_PUSTAKA%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://eprints.itn.ac.id/5061/8/1618095_LAMPIRAN%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf</identifier><identifier> Safitra, Wahyu (2020) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC) GAME ACTION STRATEGY &#x201C;OUROBOROS&#x201D;. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional. </identifier><recordID>5061</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Safitra, Wahyu
title PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC) GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS”
publishDate 2020
topic Informatics Engineering
url http://eprints.itn.ac.id/5061/1/1618095_AWAL%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/2/1618095_BAB%20I%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/3/1618095_BAB%20II%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/4/1618095_BAB%20III%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/5/1618095_BAB%20IV%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/6/1618095_BAB%20V%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/7/1618095_DAFTAR_PUSTAKA%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/8/1618095_LAMPIRAN%20-%20Wahyu%20Safitra.pdf
http://eprints.itn.ac.id/5061/
contents PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYER CHARACTER(NPC) GAME ACTION STRATEGY “OUROBOROS” Wahyu Safitra Teknik Informatika – ITN Malang E-mail : wahyuhideki@gmail.com ABSTRAK Genre strategy merupakan jenis game yang cukup populer dikalangan anakanak sampai dewasa. Game strategy sendiri memiliki berbagai manfaat secara tidak langsung yang akan dialami oleh para pemainnya, dimana pemain harus berpikir serta mengalalisis langkah atau tindakan apa yang harus dilakukan sebelum melakukan aksi. Sebagai salah satu katakter kunci untuk membangun tantangan dalam game, metode Finite State Machine akan diterapkan pada NPC dan objek-objek yang akan menjadi pemicu jebakan. Dengan menggunakan metode FSM, tiap state dapat diterapkan algoritma yang beragam yang memungkinkan NPC dapat melakukan aksi yang berfariatif ketika ada interaksi dengan player. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi game yang dapat dijalankan pada platform desktop windows dan dapat disimpulkan bahwa hampir semua fungsi baik pada objek, fungsi utama, maupun musuh dapatberjalan dengan baik, serta dari 10 responden 86% memberikan tanggapan yang baik. Dengan demikian penggunaaan metode finite state machine cocok diterapkan pada NPC game dengan genre action strategy. Kata Kunci : Game, Finite State Machine, NPC, Strategy
id IOS7523.5061
institution Institut Teknologi Nasional Malang
institution_id 552
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Teknologi Nasional Malang
library_id 643
collection Eprints ITN Malang
repository_id 7523
subject_area Teknik kimia
Sipil
Geodesy/Geodesi
Planologi
city KOTA MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS7523
first_indexed 2020-09-28T00:34:55Z
last_indexed 2020-09-28T00:34:55Z
recordtype dc
_version_ 1686544632794578944
score 17.538404