Daftar Isi:
  • Besarnya komunitas game di Indonesia membuat pemain saling terhubung. Adanya internet dan fitur online membuat komunitas di game semakin luas yang di dalamnya terdapat beragam sifat yang berbeda-beda. Dengan adanya Esport, fitur ranking dan fitur, game tidak lagi dipandang sebagai sebuah hiburan saja tetapi dipandang sebagai sebagai status sosial dan bisnis. Munculnya sifat ambisi yang ingin dipenuhi membuat kecemburuan, saling menyalahkan, saling menindas antar pemain membuat emosi tidak terkendali pikiran tidak jernih dan menimbulkan Rage Quit. Rage Quit merupakan kondisi dimana seseorang mempunyai emosi yang tidak stabil dikarenakan game dengan berbagai macam alasan. Rage Quit dapat berdampak buruk kepada pemain dan orang di sekitarnya. Fenomena Rage Quit dikarenakan ketidak pedulian pemain, tidak bisa menahan emosi, kurangnya perhatian komunitas dan developer dalam menjaga pemain dan kurangnya media yang membahas masalah Rage Quit. Karena itu diperlukan kampanye untuk pencegahan Rage Quit yang mudah diakses oleh pemain game yaitu komik digital karena dapat diakses di komputer dan Android dimana tempat berkumpulnya pemain game. Komik digital mudah diakses dan disebar hal ini sangat efektif untuk mempermudah penyebaran kampanye.