Rancang Bangun Aplikasi Bushcraft Menggunakan Konsep Gamifikasi Berbasis Android Di Wanadri
ctrlnum |
2909 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Bushcraft Menggunakan Konsep Gamifikasi Berbasis Android Di Wanadri</title><creator>Yudhistira, M Bagus</creator><subject>005_Computer Programming, Programs & Data</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu media informasi sekaligus media pembelajaran bagi anggota wanadri tentang prosedur standar operasional agar saat melakukan kegiatan berkemah dan mendaki mereka dapat mempersiapkan alat, pengetahuan, maupun logistik berbasis Android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode gamifikasi six steps to gamification (6D) yang dikembangkan oleh Werbach dan Hunter. Banyaknya yang belum mengerti dengan SOP yang ada menyebabkan kecelakaan yang sering terjadi saat melakukan kegiatan pendakian maupun berkemah. Salah satu komunitas yang sering melaksanakan kegiatan berkemah dan mendaki adalah wanadri, wanadri merupakan suatu perhimpunan penempuh rimba yang berkedudukan di Bandung sejak 1964. Berdasarkan hasil pengujian kepada pengguna, responden dapat membantu tingkat komunikasi dan pemahaman anggota baru tentang materi yang akan disampaikan dengan menggunakan aplikasi Bushcraft. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun telah memenuhi tujuan pembangunannya.</description><date>2020-02-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/1/1.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/2/19.10115330_MUHAMAD_BAGUS_YUDHISTIRA_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/3/17.10115330_MUHAMAD_BAGUS_YUDHISTIRA_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/4/20.10115330_MUHAMAD_BAGUS_YUDHISTIRA_ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/5/4.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/6/5.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/7/11.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/8/12.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/9/13.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/10/14.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/11/15.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/12/10.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Yudhistira, M Bagus (2020) Rancang Bangun Aplikasi Bushcraft Menggunakan Konsep Gamifikasi Berbasis Android Di Wanadri. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia. </identifier><relation>http://elibrary.unikom.ac.id</relation><recordID>2909</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Journal:eArticle Journal |
author |
Yudhistira, M Bagus |
title |
Rancang Bangun Aplikasi Bushcraft Menggunakan Konsep Gamifikasi Berbasis Android Di Wanadri |
publishDate |
2020 |
topic |
005_Computer Programming Programs & Data |
url |
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/1/1.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_COVER.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/2/19.10115330_MUHAMAD_BAGUS_YUDHISTIRA_PENGESAHAN.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/3/17.10115330_MUHAMAD_BAGUS_YUDHISTIRA_PUBLIKASI.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/4/20.10115330_MUHAMAD_BAGUS_YUDHISTIRA_ORISINALITAS.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/5/4.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_KATA%20PENGANTAR.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/6/5.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_DAFTAR%20ISI.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/7/11.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%201.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/8/12.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%202.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/9/13.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%203.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/10/14.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%204.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/11/15.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_BAB%205.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/12/10.10115330_MUHAMAD%20BAGUS%20YUDHISTIRA_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2909/ http://elibrary.unikom.ac.id |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu media informasi sekaligus media pembelajaran bagi anggota wanadri tentang prosedur standar operasional agar saat melakukan kegiatan berkemah dan mendaki mereka dapat mempersiapkan alat, pengetahuan, maupun logistik berbasis Android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode gamifikasi six steps to gamification (6D) yang dikembangkan oleh Werbach dan Hunter. Banyaknya yang belum mengerti dengan SOP yang ada menyebabkan kecelakaan yang sering terjadi saat melakukan kegiatan pendakian maupun berkemah. Salah satu komunitas yang sering melaksanakan kegiatan berkemah dan mendaki adalah wanadri, wanadri merupakan suatu perhimpunan penempuh rimba yang berkedudukan di Bandung sejak 1964. Berdasarkan hasil pengujian kepada pengguna, responden dapat membantu tingkat komunikasi dan pemahaman anggota baru tentang materi yang akan disampaikan dengan menggunakan aplikasi Bushcraft. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun telah memenuhi tujuan pembangunannya. |
id |
IOS7445.2909 |
institution |
Universitas Komputer Indonesia |
institution_id |
294 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNIKOM |
library_id |
268 |
collection |
Koleksi Digital Perpustakaan UNIKOM |
repository_id |
7445 |
subject_area |
Technology, Applied Sciences/Teknologi, Ilmu Terapan Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan Art Apreciation/Apresiasi Seni |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7445 |
first_indexed |
2020-12-19T20:01:29Z |
last_indexed |
2020-12-19T20:01:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686538298452869120 |
score |
17.538404 |