Implementasi Algoritma Fuzzy Sugeno Dan Hirarchical Pathfinding A* (Hpa*) Untuk Karakter Musuh Pada Game Bomberman
Daftar Isi:
- Bomberman merupakan permainan Arcade labirin dimana NPC atau Non-Playable Character akan mendekati player dan player akan memberikan bom pada NPC untuk mengalahkannya. Pada penelitian ini musuh akan diberikan kecerdasan buatan dengan menggunakan Algortima pencarian rute yaitu Hierarchical Pathfinding A* atau HPA* untuk mencari rute terdekat menuju player dan dibantu Algoritma Fuzzy Sugeno untuk membantu memberikan keputusan ketika player mengeluarkan bom. HPA* merupakan Algoritma yang digunakan untuk mencari jarak terdekat dari posisi NPC ke posisi Player. Sedangkan Fuzzy Sugeno merupakan Algoritma yang digunakan untuk pengambilan keputusan saat player mengeluarkan bom dengan cara membaca jarak dari NPC ke player dan jarak NPC ke bom. Pada penelitian kali ini aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman Javascript dan dalam bentuk Website. Hasil pengujian aplikasi ini didapatkan jarak terpendek dari NPC ke player dan juga nilai dari rute yang harus dilalui oleh NPC menuju player, selain itu keputusan yang dilakukan saat player mengeluarkan bom.