Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Serta Implikasinya Terhadap Laba Bersih (Survey Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018)

Main Author: Sulistiawati, Lusi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/1/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_1.COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/2/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/3/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_SURAT%20KETERANGAN%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI%20%28FORMAT%20UNIKOM%29.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/4/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/5/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_7.KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/6/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_8.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/7/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_12.BAB%20I.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/8/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_13.BAB%20II.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/9/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_14.BAB%20III.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/10/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_15.BAB%20IV.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/11/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_16.BAB%20V.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/12/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_17.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/13/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_20.ARTIKEL.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/14/UNIKOM_LUSI%20SULISTIAWATI_19.DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2273/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilandasi oleh adanya suatu permasalahan meningkatnya Biaya Promosi tetapi tidak disertai dengan peningkatan Penjualan perusahaan. Serta, terdapat peningkatan Penjualan tetapi tidak diikuti dengan meningkatnya Laba Bersih perusahaan. Berdasarkan fenomena tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Biaya Promosi terhadap Penjualan serta implikasinya tehadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan metode verifikatif dengan populasi sebanyak 21 Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 10 Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman dengan 60 laporan keuangan pada Periode 2013-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan bantuan software SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Biaya Promosi memiliki korelasi positif dan berpengaruh signifikan terhadap Penjualan, artinya setiap meningkatnya Biaya Promosi maka akan diikuti dengan kenaikan Penjualan. Serta hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Penjualan memiliki korelasi positif dan berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih, artinya setiap kenaikan Penjualan dapat meningkatkan Laba Bersih Perusahaan.