Pengaruh Inovasi Produk dan Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing pada Sentra Industri Keripik Singkong Pedas Cimahi
Daftar Isi:
- Peneliti ini dilakukan pada penjual atau produsen Sentra Industri Keripik Singkong Pedas Cimahi. Fenomena yang terjadi adalah penurunan pada penjualan keripik singkong pedas tersebut dikarenakan faktor kurangnya pengembangan produk dalam berinovasi sehingga produk tersebut terkesan tidak ada perubahan, walaupun Sentra Industri Keripik Singkong Pedas Cimahi sudah aktif dan unggul dalam persaingan bahkan harga produk yang di tawarkan terjangkau bagi konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan responden tentang Inovasi produk, Diferensiasi Produk dan Keunggulan Bersaing di Sentra Industri Keripik Singkong Pedas Cimahi baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam menyusun tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan keadaan perusahaan ang sebenarnya. Adapun teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan (wawancara, observasi, kuisioner) dan studi keputakaan. Hasil penelitian ini menunjukan Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk dan Diferensiasi Produk berada dalam kategori Cukup Baik, pencapaian Keunggulan Bersaing dipengaruhi secara signifikan oleh Inovasi Produk dan Diferensiasi Produk baik secara simultan maupun parsial. Dari hasil tersebut diketahui bahwa masih adanya pelaku usaha yang kurang yakin dengan usaha yang dijalani, tidak berani mengambil risiko, tidak mengikuti perkembangan zaman, produk yang diciptakan tidak memenuhi keingian konsumen dan berasumsi kegagalan apabila usaha yang dijalani menghadapi hambatan.