Penerapan Teknologi Cloud Computing Dan Line Bot Sebagai Media Promosi Dan Transaksi Produk Umkm Di Kota Bandung

Main Author: Lukman, Rangga Djatikusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/1465/1/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_cover.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/2/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_lembar%20pengesahan.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/3/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_surat%20keterangan%20publikasi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/4/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_surat%20keterangan%20orisinalitas.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/5/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_kata%20pengantar.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/6/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_daftar%20isi.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/7/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%201.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/8/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%202.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/9/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%203.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/10/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%204.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/11/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%205.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/12/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_daftar%20pustaka.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/14/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_jurnal%20dalam%20bahasa%20indonesia.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/15/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_jurnal%20dalam%20bahasa%20inggris.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/13/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_biodata.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Data UMKM Kota Bandung pada tahun 2018 berjumlah 6.038 terbagi kedalam 6 bidang industri. Namun kendala saat ini yang dialami UMKM yakni terdapat kesulitan dalam pengelolaan dan pembuatan website untuk media promosi produk secara online. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknologi Cloud Computing dan LINE Bot sebagai media promosi produk UMKM. Sistem yang dibangun terdiri dari dua sistem yakni website berupa aplikasi Content Management System (CMS) dengan menerapkan teknologi cloud computing model layanan Software as a Service (SaaS) yang dapat digunakan oleh UMKM. Dan sistem LINE Bot untuk membantu berkomunikasi dengan pelanggan, dimana algoritma yang digunakan dalam pembangunan LINE Bot diantaranya algoritma forward chaining dan algoritma Jaro-Winkler distance yang diterapkan pada proses pengolahan kata pada LINE Bot. Pengujian alpha dan beta digunakan sebagai pengujian sistem yang dibangun. Pengujian alpha pada aplikasi CMS yang dibangun memberikan kesimpulan bahwa 100% fungsionalitas sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan pada LINE Bot dilakukan pengujian akurasi dengan hasil yang diperoleh sebesar 86%. Pada hasil perhitungan pengujian beta diperoleh 85,38% sangat setuju aplikasi HelloUMKM membantu dalam promosi produk, 74,62% setuju aplikasi HelloUMKM mudah untuk digunakan, 82,31% sangat setuju LINE Bot mendukung aktivitas promosi produk, dan 77,69% setuju LINE Bot dapat membantu dalam melayani pelanggan.