Penerapan Teknologi Cloud Computing Dan Line Bot Sebagai Media Promosi Dan Transaksi Produk Umkm Di Kota Bandung
ctrlnum |
1465 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/</relation><title>Penerapan Teknologi Cloud Computing Dan Line Bot Sebagai Media Promosi Dan Transaksi Produk Umkm Di Kota Bandung</title><creator>Lukman, Rangga Djatikusuma</creator><subject>005_Computer Programming, Programs & Data</subject><description>Data UMKM Kota Bandung pada tahun 2018 berjumlah 6.038 terbagi kedalam 6 bidang industri. Namun kendala saat ini yang dialami UMKM yakni terdapat kesulitan dalam pengelolaan dan pembuatan website untuk media promosi produk secara online. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknologi Cloud Computing dan LINE Bot sebagai media promosi produk UMKM. Sistem yang dibangun terdiri dari dua sistem yakni website berupa aplikasi Content Management System (CMS) dengan menerapkan teknologi cloud computing model layanan Software as a Service (SaaS) yang dapat digunakan oleh UMKM. Dan sistem LINE Bot untuk membantu berkomunikasi dengan pelanggan, dimana algoritma yang digunakan dalam pembangunan LINE Bot diantaranya algoritma forward chaining dan algoritma Jaro-Winkler distance yang diterapkan pada proses pengolahan kata pada LINE Bot. Pengujian alpha dan beta digunakan sebagai pengujian sistem yang dibangun. Pengujian alpha pada aplikasi CMS yang dibangun memberikan kesimpulan bahwa 100% fungsionalitas sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan pada LINE Bot dilakukan pengujian akurasi dengan hasil yang diperoleh sebesar 86%. Pada hasil perhitungan pengujian beta diperoleh 85,38% sangat setuju aplikasi HelloUMKM membantu dalam promosi produk, 74,62% setuju aplikasi HelloUMKM mudah untuk digunakan, 82,31% sangat setuju LINE Bot mendukung aktivitas promosi produk, dan 77,69% setuju LINE Bot dapat membantu dalam melayani pelanggan.</description><date>2019-08-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/1/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/2/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_lembar%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/3/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_surat%20keterangan%20publikasi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/4/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_surat%20keterangan%20orisinalitas.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/5/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_kata%20pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/6/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/7/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/8/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/9/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/10/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/11/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/12/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/14/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_jurnal%20dalam%20bahasa%20indonesia.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/15/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_jurnal%20dalam%20bahasa%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elibrary.unikom.ac.id/1465/13/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_biodata.pdf</identifier><identifier> Lukman, Rangga Djatikusuma (2019) Penerapan Teknologi Cloud Computing Dan Line Bot Sebagai Media Promosi Dan Transaksi Produk Umkm Di Kota Bandung. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia. </identifier><relation>http://elibrary.unikom.ac.id</relation><recordID>1465</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Journal:eArticle Journal |
author |
Lukman, Rangga Djatikusuma |
title |
Penerapan Teknologi Cloud Computing Dan Line Bot Sebagai Media Promosi Dan Transaksi Produk Umkm Di Kota Bandung |
publishDate |
2019 |
topic |
005_Computer Programming Programs & Data |
url |
http://elibrary.unikom.ac.id/1465/1/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_cover.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/2/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_lembar%20pengesahan.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/3/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_surat%20keterangan%20publikasi.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/4/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_surat%20keterangan%20orisinalitas.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/5/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_kata%20pengantar.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/6/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_daftar%20isi.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/7/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%201.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/8/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%202.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/9/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%203.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/10/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%204.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/11/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_Bab%205.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/12/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_daftar%20pustaka.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/14/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_jurnal%20dalam%20bahasa%20indonesia.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/15/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_jurnal%20dalam%20bahasa%20inggris.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/13/UNIKOM_Rangga%20Djatikusuma%20Lukman_biodata.pdf http://elibrary.unikom.ac.id/1465/ http://elibrary.unikom.ac.id |
contents |
Data UMKM Kota Bandung pada tahun 2018 berjumlah 6.038 terbagi kedalam 6 bidang industri. Namun kendala saat ini yang dialami UMKM yakni terdapat kesulitan dalam pengelolaan dan pembuatan website untuk media promosi produk secara online. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknologi Cloud Computing dan LINE Bot sebagai media promosi produk UMKM. Sistem yang dibangun terdiri dari dua sistem yakni website berupa aplikasi Content Management System (CMS) dengan menerapkan teknologi cloud computing model layanan Software as a Service (SaaS) yang dapat digunakan oleh UMKM. Dan sistem LINE Bot untuk membantu berkomunikasi dengan pelanggan, dimana algoritma yang digunakan dalam pembangunan LINE Bot diantaranya algoritma forward chaining dan algoritma Jaro-Winkler distance yang diterapkan pada proses pengolahan kata pada LINE Bot. Pengujian alpha dan beta digunakan sebagai pengujian sistem yang dibangun. Pengujian alpha pada aplikasi CMS yang dibangun memberikan kesimpulan bahwa 100% fungsionalitas sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan pada LINE Bot dilakukan pengujian akurasi dengan hasil yang diperoleh sebesar 86%. Pada hasil perhitungan pengujian beta diperoleh 85,38% sangat setuju aplikasi HelloUMKM membantu dalam promosi produk, 74,62% setuju aplikasi HelloUMKM mudah untuk digunakan, 82,31% sangat setuju LINE Bot mendukung aktivitas promosi produk, dan 77,69% setuju LINE Bot dapat membantu dalam melayani pelanggan. |
id |
IOS7445.1465 |
institution |
Universitas Komputer Indonesia |
institution_id |
294 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNIKOM |
library_id |
268 |
collection |
Koleksi Digital Perpustakaan UNIKOM |
repository_id |
7445 |
subject_area |
Technology, Applied Sciences/Teknologi, Ilmu Terapan Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan Art Apreciation/Apresiasi Seni |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7445 |
first_indexed |
2019-12-18T01:20:31Z |
last_indexed |
2020-01-07T14:32:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686538287439675392 |
score |
17.538404 |