MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Main Author: | Wulan, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/103 http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/103/91 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari oleh latar belakang bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, metode pembelajaran yang digunakan masih ceramah, tanya jawab dan kurangnya media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menggunakan model pembelajaran STAD untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: (1) Menjelaskan hasil belajar matematika (2) Menjelaskan kegiatan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Menjelaskan respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan unit media kubik untuk kelas V siswa SDN Kingking I. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes, dan lembar dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kingking I Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar adalah 70,59% pada siklus kedua 76,47% dan pada siklus ketiga menjadi 88,24%. Aktivitas siswa juga 57,56% pada siklus pertama meningkat menjadi 62,60% dan siklus ketiga 80,04%. Selain itu respon siswa adalah 50,59% pada siklus pertama pada siklus kedua 65,88% meningkat menjadi 84,72% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media unit cube dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kingking I Tahun Akademik 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
- Penelitian ini didasari oleh latar belakang bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, metode pembelajaran yang digunakan masih ceramah, tanya jawab dan kurangnya media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menggunakan model pembelajaran STAD untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: (1) Menjelaskan hasil belajar matematika (2) Menjelaskan kegiatan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Menjelaskan respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan unit media kubik untuk kelas V siswa SDN Kingking I. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes, dan lembar dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kingking I Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar adalah 70,59% pada siklus kedua 76,47% dan pada siklus ketiga menjadi 88,24%. Aktivitas siswa juga 57,56% pada siklus pertama meningkat menjadi 62,60% dan siklus ketiga 80,04%. Selain itu respon siswa adalah 50,59% pada siklus pertama pada siklus kedua 65,88% meningkat menjadi 84,72% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media unit cube dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kingking I Tahun Akademik 2017/2018