STRATEGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK PASAR MODAL SYARI’AH (KOMUNIKASI DAN PROMOSI)

Main Author: SUSIANTI, NURUL
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Mataram , 2017
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/402
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/402/166
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi pustaka terhadapproses komunikasi dan promosi terhadap produk-produk pasar modalsyari’ah. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, diantaranyaadalah bagaimana sistem atau proses yang akan digunakan dalammemasarkan produk-produk pasar modal syariah, dan bagaimana strategikomunikasi yang efektif dalam pasar modal syariah. Melalui kajianpustaka yang terkait sistem pemasaran dan komunikasi, peneliti mengkajistrategi kumunikasi yang efektif dalam mempromosikan produk pasarmodal syari’ah. Adapun Teknik pengumpulan data adalah teknik kajianpustaka, dengan mengumpulkan data-data yang primer dan skunderyang dibaca dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi dandeskriptif. Kesimpulannya adalah proses yang digunakan dalam strategikomunikasi mempromosi produk pasar modal adalah dengan melihatdan meninjau apa yang ingin dikomunikasikan, kepada siapa ditujukan,dan seberapa sering berkomunikasi dengan investor atau calon investor,dengan proses komunikasi, yang digabungkan dalam pelaku komunikasi,materi komunikasi, dan proses komunikasi. Adapun strategi untukmengembangkan komununikasi yang efektif dalam mempromosikanproduk pasar modal adalah dengan mengidentifikasi audiens sasaran, danmenentukan tujuan komunikasi, serta menjelaskan perbedaan pasar modalsyari’ah dan pasar modal konvensional.