PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN MTs. ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Luas dan keliling Lingkaran di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/ 2016” ditulis oleh Norma Nur Komala, NIM.2814123125, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, Luas dan Keliling Lingkaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa MTs yang tidak menyukai dengan mata pelajaran matematika. 80% siswa mengatakan matematika itu sulit, menakutkan dan tidak menarik. Faktor tersebut karena siswa tidak paham dengan penjelasan guru. Dalam pembelajaran guru menjelaskan materi kemudian memberi tugas sehingga siswa merasa jenuh. Kondisi seperti ini menarik perhatian peneliti untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match karena guru belum pernah menerapkannya. Adapun rumusan masalah ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi luas dan keliling lingkaran di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi luas dan keliling lingkaran di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi luas dan keliling lingkaran di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi luas dan keliling lingkaran di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji yang digunakan dalam analisis data adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi luas dan keliling lingkaran di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh t_hitung 2,777=≥t_tabel=1,671 dengan menggunakan taraf signifikan α=0,05. Selain itu dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian bahwasanya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan materi luas dan keliling lingkaran meningkat meskipun peningkatan masih dalam taraf rendah yakni 11,99%.