PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Zenna Metha Dwi Pratiwi, NIM. 2814123158, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning, LKS, Hasil Belajar Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi siswa di sekolah. Hal ini berdampak buruk bagi prestasi/hasil belajar siswa. Adanya bukti hasil evaluasi pelajaran matematika tiap semester maupun ujian akhir masih sering di bawah standar mata pelajaran lain. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini adalah bagaimana agar siswa mampu berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya untuk bisa memahami, mengerti, mengamati, merencanakan, melaksanakan, mengkomunikasikan hasil dan lain sebagainya. Hal itu perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengajarnya yaitu melalui model yang digunakan dalam proses pembelajarannya yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu guru dapat menerapkan model pembelajaran di kelas, salah satunya adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS. Model pembelajaran ini membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan dan proses belajar menjadi lebih efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Pendekatan penelitian dalam penelitiam ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan data dengan metode observasI, tes, dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar siswa dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Ini terlihat, pada nilai thitung = 4,694 ˃ ttabel = 1,671. Hal ini berarti H_o ditolak dan H_a diterima.