PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “ pengaruh Kualitas Produk dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Nadhiroh, NIM. 2823123108, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh H. Dede Nurrohman, M.Ag Penelitian dalam sekripsi ini dilatarbelakangi dengan memberikan kualitas produk yang terbaik, Bank Muamalat Tulungagung selain memberikan kualitas produk yang baik juga menerapakan nilai Islam, agar nasabah selalu yakin dengan apa yang dilakukan Bank Muamalat Tulungagung berdasarkan nilai-nilai Islam seperti keadilan, kesederajatan, ketentraman, jaminan dan persaingan sehat.selain itu kualitas produk juga selalu diberikan agar nasabahnya tetap setia memakai dan menikmati produk yang diberikan oleh Bank Muamalat Tulungagung. Kualitas produk dan nilai Islam bagi nasabah dapat mempengaruhi kepuasan nasabah, karena dalam jangka panjang kepuasan nasabah dapat dijadikan tujuan utama bagi perencanaan strategi pemasaran di perbankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Kualitas Produk berpengaruh Signifikan terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Tulungagung ? (2) Apakah Penerapan Nilai Islam berpengaruh Signifikan terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Tulungagung ? (3) Apakah Kualitas Produk dan Penerapan Nilai Islam Secara Bersama- sama Mempengaruhi Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh dari kualitas produk dan penerapan nilai islam serta yang paling berpengaruh diantara dua variabel tersebut terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket yang diisi oleh nasabah Bank Muamalat Tulungagung yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa, variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Tulungagung dengan tingkat signifikansi sebesar 0.015, selanjutnya variabel penerapan nilai Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Tulungagung dengan tingkat signifikansi 0.000. sedangkan dari hasil uji F ternyata penerapan nilai Islam merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Tulungagung dibandingkan kualitas produk. Kata Kunci: Kualitas Produk, Penerapan Nilai Islam, Kepuasan Nasabah