Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung
Main Author: | Sari, Dewi Yuni Indah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/35/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/35/2/BAGIAN%20INTI.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/35/3/RUJUKAN.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/35/ http://repo.iain-tulungagung.ac.id |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Fokus penelitian :1) Pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung, 2) Hambatan dari pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung, 3) Solusi dalam mengatasi hambatan dari pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah mengetahui secara jelas tentang pelaksanaan supervisi pendidikan, hambatan dari pelaksanaan supervisi pendidikan, dan juga solusi dalam mengatasi hambatan tersebut. Pendekatan: penelitian kualitatif; pola penelitian: deskriptif; teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berkut:1) pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung berjalan dengan baik, mendapat respon baik dari guru, tetapi tetap ada suatu hambatan meskiun sedikit,dalam melaksanakan supervisi menggunakan teknik individual dan juga menggunakan model supervisi klinis serta model supervisi ilmiah,2) hambatan yang dialami saat melaksanakan supervisi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung: keterbatasan waktu,dari guru-guru yang sulit diajak melakukan perubahan,3) solusi dalam mengatasi hambatan yang ada adalah dengan menunjuk guru yang dijadikan wakil kepala madrasah untuk melaksanakan supervisi. xvii