Perbedaan Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Visual Terhadap Kreativitas Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung

Main Author: Masngudiyah, Umi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/246/1/BAB%201-5.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/246/2/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/246/3/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/246/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci:Creative Problem Solving, Media Visual, Kreativitas Matematika. Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena mengenai pentingnya mengetahui dan mengenali sejak dini faktor-faktor yang mempengaruhi seorang siswa untuk berprestasi dalam belajar, khususnya bagi institusi pendidikan. Dalam hal ini penulis menghubungkan pengaruh metode pembelajaran creative problem solving dan media visual terhadap tingkat kreativitas matematika siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah ada tidaknya perbedaan metode pembelajaran creative problemsolving dengan media visual terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan metode pembelajaran creative problem solving (cps) dengan media visual terhadap kreativitas matematika siswa kelas VIII MTsN Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling. Variabel bebasnya adalah creative problem solving dan media visual sedangkan variabel terikatnya adalah kreatifitas matematika siswa. Populasi dari penelitiaa ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 189 siswa. 189 siswa itu sebagai sampel yang terdiri 2 kelas. Teknik analisis menggunakan t-tes. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan tes diatas, selanjutnya penulis menggunakan analisis dengan teknik uji tdua pihak pada taraf signifikansi 0,05. Selanjutnya diperoleh kesimpulan bahwa variabel creative problem solving dan media visual terhadap kreativitas matematika menunjukkan signifikansi sebesar 0,844> 0,05, maka H0 diterima sehingga tidak ada perbedaan penggunaan metode creative problem solving (CPS) dengan media visual terhadap kreativitas matematika siswa.