PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Berkat adanya revolusi teknologi komunikasi, banyak sumber belajar yang dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar, sumber belajar itu tentu sangat mendukung di Sekolah Dasar maupun pada jenjang atau tingkat yang lainnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? Dalam hal ini penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian Sesuai tujuan penelitian, maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, populasi yang dijadikan sasaran adalah seluruh siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung sejumlah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Random Sampling, yaitu sesuai dengan maksud dan tujuan penulis. Dari jumlah populasi 324 anak, penulis mengambil sampel dari kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa. . Sedangkan untuk memperoleh data digunakan angket interview dan dokumentasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa Chi Kuadrat. 1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Cetak terhadap prestasi belajar siswa. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Lingkungan terhadap prestasi belajar siswa. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian, disarankan (1) Sumber balajar yang tersedia lebih dimanfaatkan lagi secara optimal. (2) Bagi siswa perlu ditingkatkan lagi prestasi belajar pada semua mata pelajaran. (3) Untuk meningkatkan prestasi belajar guru disarankan lebih mendorong siswa untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.