ctrlnum 2433
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH&#xD; DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG</title><creator>Yudistira, Alip</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Berkat adanya revolusi teknologi komunikasi, banyak sumber belajar yang dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar, sumber belajar itu tentu sangat mendukung di Sekolah Dasar maupun pada jenjang atau tingkat yang lainnya.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung?&#xD; Dalam hal ini penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung.&#xD; Maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian Sesuai tujuan penelitian, maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, populasi yang dijadikan sasaran adalah seluruh siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung sejumlah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Random Sampling, yaitu sesuai dengan maksud dan tujuan penulis. Dari jumlah populasi 324 anak, penulis mengambil sampel dari kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa. &#xD; . Sedangkan untuk memperoleh data digunakan angket interview dan dokumentasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa Chi Kuadrat.&#xD; &#xD; 1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Cetak terhadap prestasi belajar siswa.&#xD; 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Lingkungan terhadap prestasi belajar siswa.&#xD; 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa.&#xD; Sehubungan dengan hasil penelitian, disarankan (1) Sumber balajar yang tersedia lebih dimanfaatkan lagi secara optimal. (2) Bagi siswa perlu ditingkatkan lagi prestasi belajar pada semua mata pelajaran. (3) Untuk meningkatkan prestasi belajar guru disarankan lebih mendorong siswa untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.</description><date>2009</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/1/Abstrak%20Qu.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/2/Asampul%20baru.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/3/Bab%20I%20ku.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/4/Bab%20II%20ku.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/5/bab%20III%20ku.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/6/Bab%20IV%20ku.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/7/Bab%20V%20ku.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/8/Daftar%20Rujukan.doc</identifier><identifier> Yudistira, Alip (2009) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>2433</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Yudistira, Alip
title PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG
publishDate 2009
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/1/Abstrak%20Qu.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/2/Asampul%20baru.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/3/Bab%20I%20ku.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/4/Bab%20II%20ku.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/5/bab%20III%20ku.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/6/Bab%20IV%20ku.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/7/Bab%20V%20ku.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/8/Daftar%20Rujukan.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2433/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Berkat adanya revolusi teknologi komunikasi, banyak sumber belajar yang dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar, sumber belajar itu tentu sangat mendukung di Sekolah Dasar maupun pada jenjang atau tingkat yang lainnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? Dalam hal ini penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa cetak terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian Sesuai tujuan penelitian, maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, populasi yang dijadikan sasaran adalah seluruh siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung sejumlah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Random Sampling, yaitu sesuai dengan maksud dan tujuan penulis. Dari jumlah populasi 324 anak, penulis mengambil sampel dari kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa. . Sedangkan untuk memperoleh data digunakan angket interview dan dokumentasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa Chi Kuadrat. 1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Cetak terhadap prestasi belajar siswa. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar Lingkungan terhadap prestasi belajar siswa. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar ilustrasi/visualisasi terhadap prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian, disarankan (1) Sumber balajar yang tersedia lebih dimanfaatkan lagi secara optimal. (2) Bagi siswa perlu ditingkatkan lagi prestasi belajar pada semua mata pelajaran. (3) Untuk meningkatkan prestasi belajar guru disarankan lebih mendorong siswa untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.
id IOS7171.2433
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:57Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:59Z
recordtype dc
_version_ 1674713360114909184
score 17.538404