ctrlnum 1911
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/</relation><title>UPAYA GURU AL-QUR&#x2019;AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN SISWA DI MTs ASSYAFI&#x2019;IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>NISAK, KHOIRUN</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Isl&#xE0;m</subject><description>ABSTRAK&#xD; KHOIRUN NISAK, NIM. 3211113101.2015. &#x201C;Upaya Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an Siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015&#x201D;, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag.&#xD; Kata kunci: Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits, Kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an&#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur&#x2019;an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini banyak anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur&#x2019;an dengan baik dan benar. Sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur&#x2019;an. Dan tentunya seorangguru Al-Qur&#x2019;an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an pada siswanya, sehingga nantinya akan tercipta generasi-generasi Qur&#x2019;ani yang mencintai Al-Qur&#x2019;an.&#xD; Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan yang digunakan guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung? (2) bagaimana metode yang digunakan guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung?&#xD; Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung.&#xD; Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan memperoleh hasil bahwa: (1) pendekatan yang digunakan guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung adalah sebagai berikut: pendekatan pembiasaan yaitu menyuruh siswa membaca Al-Qur&#x2019;an sebelum pelajaran dimulai dan pendekatan individu dengan cara membimbing secara privat di perpustakaan (2) metode yang digunakan guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an yaitu menggunakan metode An-Nahdhiyah&#xD; (3) Faktor pendukung dan penghambat Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa di MTs Assyafi&#x2019;iyah&#xD; xv&#xD; Gondang Tulungagung adalah, memadainya sarana prasarana seperti disedikannya jilid, juzz amma dan Al-Qur&#x2019;an diperpustakaan, adanya media pembelajaran seperti laptop dan LCD, dan terakhir adanya minat dari dari siswa. Sedangkan faktor penghambat Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an di MTs Assyafi&#x2019;iyah Gondang Tulungagung adalah, lingkungan keluarga yaitu kurangnya perhatian orang tua, alokasi waktu bimbingan yang kurang dan kurangnya kesadaran anak didik dalam hal membaca Al-Qur&#x2019;an.</description><date>2015-08-27</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/6/Bagian%20Awal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/7/bagian%20belakang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> NISAK, KHOIRUN (2015) UPAYA GURU AL-QUR&#x2019;AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN SISWA DI MTs ASSYAFI&#x2019;IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ] </identifier><recordID>1911</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author NISAK, KHOIRUN
title UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic Agama
Pendidikan Islàm
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/1/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/2/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/3/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/4/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/5/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/6/Bagian%20Awal.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/7/bagian%20belakang.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/8/daftar%20pustaka.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/
contents ABSTRAK KHOIRUN NISAK, NIM. 3211113101.2015. “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata kunci: Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini banyak anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an. Dan tentunya seorangguru Al-Qur’an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswanya, sehingga nantinya akan tercipta generasi-generasi Qur’ani yang mencintai Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) bagaimana metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan memperoleh hasil bahwa: (1) pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah sebagai berikut: pendekatan pembiasaan yaitu menyuruh siswa membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai dan pendekatan individu dengan cara membimbing secara privat di perpustakaan (2) metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu menggunakan metode An-Nahdhiyah (3) Faktor pendukung dan penghambat Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah xv Gondang Tulungagung adalah, memadainya sarana prasarana seperti disedikannya jilid, juzz amma dan Al-Qur’an diperpustakaan, adanya media pembelajaran seperti laptop dan LCD, dan terakhir adanya minat dari dari siswa. Sedangkan faktor penghambat Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah, lingkungan keluarga yaitu kurangnya perhatian orang tua, alokasi waktu bimbingan yang kurang dan kurangnya kesadaran anak didik dalam hal membaca Al-Qur’an.
id IOS7171.1911
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:51Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:53Z
recordtype dc
_version_ 1674713357132759040
score 17.538404