UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ctrlnum |
1911 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/</relation><title>UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>NISAK, KHOIRUN</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Islàm</subject><description>ABSTRAK
KHOIRUN NISAK, NIM. 3211113101.2015. “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag.
Kata kunci: Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini banyak anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an. Dan tentunya seorangguru Al-Qur’an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswanya, sehingga nantinya akan tercipta generasi-generasi Qur’ani yang mencintai Al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) bagaimana metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan memperoleh hasil bahwa: (1) pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah sebagai berikut: pendekatan pembiasaan yaitu menyuruh siswa membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai dan pendekatan individu dengan cara membimbing secara privat di perpustakaan (2) metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu menggunakan metode An-Nahdhiyah
(3) Faktor pendukung dan penghambat Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah
xv
Gondang Tulungagung adalah, memadainya sarana prasarana seperti disedikannya jilid, juzz amma dan Al-Qur’an diperpustakaan, adanya media pembelajaran seperti laptop dan LCD, dan terakhir adanya minat dari dari siswa. Sedangkan faktor penghambat Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah, lingkungan keluarga yaitu kurangnya perhatian orang tua, alokasi waktu bimbingan yang kurang dan kurangnya kesadaran anak didik dalam hal membaca Al-Qur’an.</description><date>2015-08-27</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/6/Bagian%20Awal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/7/bagian%20belakang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> NISAK, KHOIRUN (2015) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ] </identifier><recordID>1911</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Thesis |
author |
NISAK, KHOIRUN |
title |
UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
Agama Pendidikan Islàm |
url |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/1/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/2/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/3/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/4/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/5/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/6/Bagian%20Awal.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/7/bagian%20belakang.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/8/daftar%20pustaka.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1911/ |
contents |
ABSTRAK
KHOIRUN NISAK, NIM. 3211113101.2015. “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag.
Kata kunci: Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini banyak anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an. Dan tentunya seorangguru Al-Qur’an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswanya, sehingga nantinya akan tercipta generasi-generasi Qur’ani yang mencintai Al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) bagaimana metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan memperoleh hasil bahwa: (1) pendekatan yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah sebagai berikut: pendekatan pembiasaan yaitu menyuruh siswa membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai dan pendekatan individu dengan cara membimbing secara privat di perpustakaan (2) metode yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu menggunakan metode An-Nahdhiyah
(3) Faktor pendukung dan penghambat Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Assyafi’iyah
xv
Gondang Tulungagung adalah, memadainya sarana prasarana seperti disedikannya jilid, juzz amma dan Al-Qur’an diperpustakaan, adanya media pembelajaran seperti laptop dan LCD, dan terakhir adanya minat dari dari siswa. Sedangkan faktor penghambat Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah, lingkungan keluarga yaitu kurangnya perhatian orang tua, alokasi waktu bimbingan yang kurang dan kurangnya kesadaran anak didik dalam hal membaca Al-Qur’an. |
id |
IOS7171.1911 |
institution |
IAIN Tulungagung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
3120 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung |
library_id |
2406 |
collection |
Institutional Repository of IAIN Tulungagung |
repository_id |
7171 |
city |
TULUNGAGUNG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7171 |
first_indexed |
2019-05-17T02:01:51Z |
last_indexed |
2020-08-11T07:23:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674713357132759040 |
score |
17.538404 |