PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 JAKARTA
Main Author: | INTAN HERA LESTARY, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/9199/1/COVER.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/2/BAB%20I.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/3/BAB%20II.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/4/BAB%20III.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/5/BAB%20IV.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/6/BAB%20V.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/9/LAMPIRAN.pdf http://repository.unj.ac.id/9199/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Jakarta. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode survey dengan menggunakan instrument kuesioner. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung 3,063 > ttabel 1,98969, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung 2,856 > ttabel 1,98969. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan dengan nilai fhitung 57,633 > ftabel 3,11. Koefisien korelasi sebesar 0,766 dan koefisien determinasi sebesar 0,587 atau sebesar 58,7% variabel Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya mempengaruhi Hasil Belajar secara serentak dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak dapat dicari dalam penelitian ini. Kata kunci : perhatian orang tua, lingkungan teman sebaya, hasil belajar The study aims to determine the effect of parents attention and peer groups on the learning outcomes of base accounting subjects in class X students of SMK Negeri 8 Jakarta. The method use to collect data is a survey method using a questionnaire instrument. The results of this study are: (1) There is a positive and significant influence between parents attention on learning outcomes as indicated by tcount> ttable, which is 3,063 > 1,98969. (2) There is a positive and significant influence between the peer environment on learning outcomes as indicated by the value of tcount> ttable which is 2,856 > 1,98969. (3) There is a positive and significant influence between parents attention and peer environment on learning outcomes as indicated by the value of Fcount> Ftable which is 57,633 > 3,11, the correlation coefficient (R) of 0,766 which means that the closeness between variables is strong and the coefficient of determination is 0,587 which means 58,7% of the two independent variables influence learning outcomes simultaneously and the rest are influenced by other factors. Keyword: learning discipline, peer environment, learning outcomes