MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAL BILANGAN PECAHAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IIIDI SLB KEMBAR KARYA PEMBANGUNAN I JAKARTA TIMUR(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Kembar Karya Pembangunan I JakartaTimur)

Main Author: RANI FAJRINA RAMADHANI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7948/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://repository.unj.ac.id/7948/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenalbilangan pecahan matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswatunagrahita ringan kelas IIIdi SLBKembar Karya Pembangunan I JakartaTimur. Penelitian dilaksanakan padabulan Februari sampai dengan Juli 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitiandilakukan dalam 12 kali pertemuan yang terbagi dalam 2 siklus.Pada setiap siklus dilaksanakan 4 tahap kegiatan yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi.Pengumpulan data dilakukanmelalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mengenalpecahan matematika siswa tunagrahita ringan kelas III mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual.Pembelajaran melibatkan dua media utama yaitu buah apel dan kertas berwarna. Pembelajaran dilakukan secara kelompok dan individu dankonsep yangdiajarkan dikaitkan dengankehidupan siswa.