PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN LUBANG BUAYA CIPAYUNG JAKARTA TIMUR
Main Author: | PUTRI JATI AYU, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/7940/1/Skripsi%20Putri.pdf http://repository.unj.ac.id/7940/ |
Daftar Isi:
- Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahuipengaruhpendekatan ContextualTeachingandLearning(CTL)terhadaphasil belajarIPAkelasIV SD.SampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaitusiswakelasIVAdan IVBSDNLubangBuaya11JakartaTimur denganjumlah62siswapada kedua kelasnya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Metodeyangdigunakanadalahmetodeeksperimen, dengandesainPosttestOnlyControlDesign.Pengumpulandata dilakukan menggunakanteshasilbelajarIPAmateri Energiyangdianalisisdenganuji normalitasdanujihomogenitas.Hasilpengujiannormalitas danhomogenitas menunjukkanbahwadataberdistribusi normaldankeduakelashomogen. Selanjutnyahasil analisismenggunakan uji-tmenunjukkanhargathitung sebesar5,86.Hargattabelpadatarafsignifikansignifikanα=0,05 dandf=60 adalah 1,67. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (5,86>1,67)makaH0ditolakdanH1 diterima.Dengandemikian,penerapan pendekatanContextualTeaching and Learning(CTL)berpengaruhsecara signifikan terhadaphasilbelajar IPAkelasIVSD.