PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN LUBANG BUAYA CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Main Author: PUTRI JATI AYU, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7940/1/Skripsi%20Putri.pdf
http://repository.unj.ac.id/7940/
Daftar Isi:
  • Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahuipengaruhpendekatan ContextualTeachingandLearning(CTL)terhadaphasil belajarIPAkelasIV SD.SampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaitusiswakelasIVAdan IVBSDNLubangBuaya11JakartaTimur denganjumlah62siswapada kedua kelasnya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Metodeyangdigunakanadalahmetodeeksperimen, dengandesainPosttestOnlyControlDesign.Pengumpulandata dilakukan menggunakanteshasilbelajarIPAmateri Energiyangdianalisisdenganuji normalitasdanujihomogenitas.Hasilpengujiannormalitas danhomogenitas menunjukkanbahwadataberdistribusi normaldankeduakelashomogen. Selanjutnyahasil analisismenggunakan uji-tmenunjukkanhargathitung sebesar5,86.Hargattabelpadatarafsignifikansignifikanα=0,05 dandf=60 adalah 1,67. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (5,86>1,67)makaH0ditolakdanH1 diterima.Dengandemikian,penerapan pendekatanContextualTeaching and Learning(CTL)berpengaruhsecara signifikan terhadaphasilbelajar IPAkelasIVSD.