PengaruhLatihan Keterampilan HidupSehari-hari(Practical Life Excercises) Terhadap KepercayaanDiri Usia 5-6Tahun(Studi Ex Post Facto diTKMentari Intelegensia School, Rawamangun, Jakarta Timur)
Main Author: | Indriyati Wulandari, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/7819/1/SKRIPSI%20Indriyati%20Wulandari.pdf http://repository.unj.ac.id/7819/2/Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.unj.ac.id/7819/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh kegiatan latihan keterampilan hidup sehari-hari (practical life exercise)terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Mentari Intelegensia School dan TK Aisyiyah 21, Rawamangun Jakarta Timur pada bulan April dan Mei 2016. Metode penelitian menggunakan Expost Facto. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun, Jakarta Timur dan dibagi menjadi kelompok coba di TK Mentari Intelegensia School dan kelompok pembanding di TK Aisyiyah 21, Rawamangun. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis thitung = 13,2 dan ttabel = 1,67 (α = 0,05, n=60 dan dk=58), yang artinyaH0 ditolak dan H1diterima. Dengan demikian, kesimpulan yang diperoleh adalah kepercayaan diri pada siswa kelompok coba lebih tinggi dibandingkan dengan kepercayaan diri pada siswa kelompok pembanding, yang artinya kegiatan latihan keterampilan hidup sehari-hari (practical life exercise) berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun