Improving Reading Comprehension Using Web based Instruction (A Classroom Action Research at the Fourth Semester of English Education Department of State University of Siliwangi
Daftar Isi:
- Penelitian ini menyatakan bagaimana web based instruction dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode penelitian tindakan kelas dengan model Riel digunakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing empat pertemuan. Hasilnya menunjukan bahwa proses pembelajaran membaca mengikuti tahapan orientasi, diskusi, eksplorasi materi, aksi, test, dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam menemukan topik atau ide pokok, menemukan pola jenis teks, dan informasi detail yang tertulis, tidak tertulis, dan tersirat sebagai hasil dari penggunaan web based instruction dalam pengajaran membaca. Secara quantitatif, peningkatan dapat terlihat dari peningkatan rata-rata nilai pre test (55.4), post test di siklus 1 (56.9) and final test di siklus 2 (80.67). Disamping itu terdapat sikap positif siswa dalam menggunakan Web based instruction dalam pengajaran membaca, yaitu kesadaran belajar, diskusi, eksplorasi materi, kegiatan latihan dan test mandiri terhadap kompetensi yang dipelajari dan berpikir terbuka mengenai penggunaan Web based Instruction.