PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X RUMPUN EKONOMI SMK NEGERI 40 JAKARTA

Main Author: RATIH TRI HANDAYANI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/6793/1/SKRIPSI_RATIH%20HANDAYANI.pdf
http://repository.unj.ac.id/6793/
ctrlnum 6793
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/6793/</relation><title>PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN&#xD; BELAJAR SISWA KELAS X RUMPUN EKONOMI SMK&#xD; NEGERI 40 JAKARTA</title><creator>RATIH TRI HANDAYANI, .</creator><subject>Teori Ekonomi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar&#xD; terhadap keaktifan belajar siswa kelas X rumpun ekonomi SMK Negeri 40 Jakarta&#xD; Timur berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya.&#xD; Penelitian dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Metode yang digunakan adalah&#xD; metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X&#xD; rumpun ekonomi yang terdiri dari program keahlian akuntansi, administrasi&#xD; perkantoran serta pemasaran yang berjumlah 135 siswa. Teknik pengambilan&#xD; sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel&#xD; sebanyak 100 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan&#xD; instrument penelitian berbentuk skala likert untuk motivasi belajar (Variabel X)&#xD; dan keaktifan belajar (Variabel Y)&#xD; Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah &#x176; = 30,46 + 0,92 X. Dari&#xD; persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung &lt; Ltabel&#xD; (0,0463 &lt; 0,0886. Hal itu menunjukkan data berdistribusi normal. Pada uji&#xD; kelinieran regresi didapat Fhitung (1,38) &lt; Ftabel (1,63) yang dapat disimpulkan&#xD; bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat&#xD; Fhitung (74,15) &gt; Ftabel (3,938) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil&#xD; uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson&#xD; diperoleh nilai rxy 0,6563. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara&#xD; motivasi belajar dengan keaktifan belajar siswa kelas X rumpun ekonomi SMK&#xD; Negeri 40 Jakarta. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 8,611 &gt; ttabel = 1,98 yang&#xD; menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu motivasi&#xD; belajar dengan variabel Y yaitu keaktifan belajar. dari hasil perhitungan diperoleh&#xD; koefisien determinasi 43,07% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y&#xD; keaktifan belajar ditentukan oleh variabel X motivasi belajar sebesar 43,07%.</description><date>2016-05-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/6793/1/SKRIPSI_RATIH%20HANDAYANI.pdf</identifier><identifier> RATIH TRI HANDAYANI, . (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X RUMPUN EKONOMI SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>6793</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RATIH TRI HANDAYANI, .
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X RUMPUN EKONOMI SMK NEGERI 40 JAKARTA
publishDate 2016
topic Teori Ekonomi
url http://repository.unj.ac.id/6793/1/SKRIPSI_RATIH%20HANDAYANI.pdf
http://repository.unj.ac.id/6793/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas X rumpun ekonomi SMK Negeri 40 Jakarta Timur berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X rumpun ekonomi yang terdiri dari program keahlian akuntansi, administrasi perkantoran serta pemasaran yang berjumlah 135 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk motivasi belajar (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y) Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 30,46 + 0,92 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,0463 < 0,0886. Hal itu menunjukkan data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (1,38) < Ftabel (1,63) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (74,15) > Ftabel (3,938) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0,6563. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan keaktifan belajar siswa kelas X rumpun ekonomi SMK Negeri 40 Jakarta. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 8,611 > ttabel = 1,98 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu motivasi belajar dengan variabel Y yaitu keaktifan belajar. dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 43,07% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y keaktifan belajar ditentukan oleh variabel X motivasi belajar sebesar 43,07%.
id IOS7130.6793
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:14Z
last_indexed 2020-05-07T23:14:31Z
recordtype dc
_version_ 1686502337277853696
score 17.538404