ctrlnum 606
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/606/</relation><title>PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENDEKATAN OPEN ENDED DI SMP NEGERI 258 JAKARTA</title><creator>Vania Nur Hayati, .</creator><subject>QA Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open Ended. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 258 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017 pada pokok bahasan Segitiga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment (eksperimen semu). Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling. Pada tahap pertama dipilih kelompok sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling, selanjutnya dipilih dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Kedua kelas eksperimen yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen, dan mempunyai kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 soal uraian. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, validitas empiris dan dinyatakan valid. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar yang termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian, kelas eksperimen I (pendekatan Contextual Teaching and Learning) dan kelas eksperimen II (pendekatan Open Ended) berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikansi . Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh , , dan sehingga , maka hipotesisnya menolak . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open Ended. Selanjutnya, kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open Ended.</description><date>2017-08-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/1/Cover%20Skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/2/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/3/Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/4/Lembar%20Persetujuan%20Skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/5/Skripsi%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/6/Skripsi%20Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/7/Skripsi%20Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/8/Skripsi%20Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/606/9/Skripsi%20Bab%205.pdf</identifier><identifier> Vania Nur Hayati, . (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENDEKATAN OPEN ENDED DI SMP NEGERI 258 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta. </identifier><recordID>606</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Vania Nur Hayati, .
title PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENDEKATAN OPEN ENDED DI SMP NEGERI 258 JAKARTA
publishDate 2017
topic QA Matematika
url http://repository.unj.ac.id/606/1/Cover%20Skripsi.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/2/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/3/Kata%20Pengantar.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/4/Lembar%20Persetujuan%20Skripsi.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/5/Skripsi%20Bab%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/6/Skripsi%20Bab%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/7/Skripsi%20Bab%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/8/Skripsi%20Bab%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/9/Skripsi%20Bab%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/606/
contents Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open Ended. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 258 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017 pada pokok bahasan Segitiga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment (eksperimen semu). Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling. Pada tahap pertama dipilih kelompok sebagai sampel dengan menggunakan purposive sampling, selanjutnya dipilih dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Kedua kelas eksperimen yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen, dan mempunyai kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 soal uraian. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, validitas empiris dan dinyatakan valid. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar yang termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian, kelas eksperimen I (pendekatan Contextual Teaching and Learning) dan kelas eksperimen II (pendekatan Open Ended) berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikansi . Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh , , dan sehingga , maka hipotesisnya menolak . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open Ended. Selanjutnya, kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan Open Ended.
id IOS7130.606
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:40:39Z
last_indexed 2019-07-23T08:40:39Z
recordtype dc
_version_ 1686502314157801472
score 17.538404