PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Main Author: | Aslamiah Shohibatul, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/566/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/566/2/Surat%20Persetujuan%20Panitia%20Ujian%20Skripsi.pdf http://repository.unj.ac.id/566/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran POE merupakan suatu model pembelajaran dimana guru menggali pemahaman peserta didik dengan cara meminta mereka untuk melaksanakan tiga tugas utama, yakni prediksi, observasi, dan memberikan penjelasan. Model pembelajaran POE berlandaskan pada teori konstruktivisme dimana peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaraan POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan.