PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Main Author: Aslamiah Shohibatul, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/566/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/566/2/Surat%20Persetujuan%20Panitia%20Ujian%20Skripsi.pdf
http://repository.unj.ac.id/566/
ctrlnum 566
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/566/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN</title><creator>Aslamiah Shohibatul, .</creator><subject>QR Mikro Biologi</subject><description>Model pembelajaran POE merupakan suatu model pembelajaran dimana guru menggali pemahaman peserta didik dengan cara meminta mereka untuk melaksanakan tiga tugas utama, yakni prediksi, observasi, dan memberikan penjelasan. Model pembelajaran POE berlandaskan pada teori konstruktivisme dimana peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaraan POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan.</description><date>2017-07-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/566/1/SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/566/2/Surat%20Persetujuan%20Panitia%20Ujian%20Skripsi.pdf</identifier><identifier> Aslamiah Shohibatul, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>566</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aslamiah Shohibatul, .
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
publishDate 2017
topic QR Mikro Biologi
url http://repository.unj.ac.id/566/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/566/2/Surat%20Persetujuan%20Panitia%20Ujian%20Skripsi.pdf
http://repository.unj.ac.id/566/
contents Model pembelajaran POE merupakan suatu model pembelajaran dimana guru menggali pemahaman peserta didik dengan cara meminta mereka untuk melaksanakan tiga tugas utama, yakni prediksi, observasi, dan memberikan penjelasan. Model pembelajaran POE berlandaskan pada teori konstruktivisme dimana peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaraan POE terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan.
id IOS7130.566
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:40:39Z
last_indexed 2019-07-23T08:40:39Z
recordtype dc
_version_ 1686502314103275520
score 17.538404