PENGARUH RECIPROCAL TEACHING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 102 JAKARTA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Main Author: Anggraeni Hani, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/565/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/565/
Daftar Isi:
  • Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir yang menggunakan proses analisis dan proses evaluasi terhadap informasi yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 102 pada Materi Sistem Reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 102 Jakarta pada bulan Mei-Juni tahun 2017. Metode yang digunakan yaitu, metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 99 peserta didik kelas XI MIA dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah post-test dengan tes objektif berupa pilihan ganda. Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dianalisis menggunakan uji Anava satu arah didapat hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001 maka tolak Ho pada α=0,05 yang berarti ada pengaruh positif Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 102 pada materi sistem reproduksi. Uji lanjutan digunakan Uji Tuckey didapat hasil RT terhadap PBL sebesar 0,064 > 0,05, RT terhadap STAD sebesar 0,000 < 0,05 dan PBL terhadap STAD sebesar 0,200 > 0,05. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning terdapat pengaruh meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem reproduksi.