Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data terkait pembelajaran keterampilan vokasional pembuatan telur asin untuk peserta didik tunadaksa pada satuan pendidikan SMPLB di SLBD-D1 YPAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis pada tiap teknik tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pembelajaran ini guru tidak membuat silabus, RPP dan PPI, namun sebelum pembelajaran berlangsung guru mendiskusikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pembelajaran tersebut dan mencatatnya pada buku sebagai persiapan. Metode yang digunakan oleh guru pada pembelajaran ini adalah metode ceramah, metode demonstrasi dan praktik. Bahan dan media yang digunakan dalam pembelajaran ini berupa telur bebek, sekam, abu, batu bata halus, ember, kompor, dan lain sebagainya. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran ini yaitu berupa pengamatan proses pembelajaran yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan vokasional pembuatan telur asin dapat menjadi salah satu bekal kemandirian bagi peserta didik tunadaksa. Kata Kunci: pembelajaran keterampilan vokasional, telur asin, tunadaksa This research aim for describing a data about vocational learning skill of making salted eggs for junior high school student with physical and motor disabilities at SLBD-D1 YPAC Jakarta. The approach used in this research is qualitative approach with descriptive method. The data collection technique used in this research are interview, observation, and documentation which every technique of this three technique was be analyzed. This research showed that in vocational learning skill of making salted eggs, the teacher did not make a syllabus, lesson plan (RPP) and also personal lesson plan (PPI), but the teacher made a preparation before learning by discussing about the activity that will be carried out and write it on a notes. The method used in a vocational learning skill of making salted eggs are lecture method, demonstration method and practice method. The material and media used are duck eggs, husk, ash, smooth brick, bucket, stove and etc. The evaluation method used in vocational learning skill of making salted eggs is observation of learning process which describing in a descriptive form. The implication of this research is that vocational learning skill of making salted eggs can be one of provision independence for student with physical and motor disabilities. Key : vocational learning skill, salted eggs, student with physical and motor disabilities.