ctrlnum 5574
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/5574/</relation><title>PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK TUNADAKSA SATUAN PENDIDIKAN SMPLB (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLBD-D1 YPAC JAKARTA)</title><creator>VERA NUR AMALIYA, .</creator><subject>Pendidikan Khusus</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data terkait pembelajaran keterampilan vokasional pembuatan telur asin untuk peserta didik tunadaksa pada satuan pendidikan SMPLB di SLBD-D1 YPAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis pada tiap teknik tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pembelajaran ini guru tidak membuat silabus, RPP dan PPI, namun sebelum pembelajaran berlangsung guru mendiskusikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pembelajaran tersebut dan mencatatnya pada buku sebagai persiapan. Metode yang digunakan oleh guru pada pembelajaran ini adalah metode ceramah, metode demonstrasi dan praktik. Bahan dan media yang digunakan dalam pembelajaran ini berupa telur bebek, sekam, abu, batu bata halus, ember, kompor, dan lain sebagainya. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran ini yaitu berupa pengamatan proses pembelajaran yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan vokasional pembuatan telur asin dapat menjadi salah satu bekal kemandirian bagi peserta didik tunadaksa. &#xD; &#xD; Kata Kunci: pembelajaran keterampilan vokasional, telur asin, tunadaksa &#xD; &#xD; This research aim for describing a data about vocational learning skill of making salted eggs for junior high school student with physical and motor disabilities at SLBD-D1 YPAC Jakarta. The approach used in this research is qualitative approach with descriptive method. The data collection technique used in this research are interview, observation, and documentation which every technique of this three technique was be analyzed. This research showed that in vocational learning skill of making salted eggs, the teacher did not make a syllabus, lesson plan (RPP) and also personal lesson plan (PPI), but the teacher made a preparation before learning by discussing about the activity that will be carried out and write it on a notes. The method used in a vocational learning skill of making salted eggs are lecture method, demonstration method and practice method. The material and media used are duck eggs, husk, ash, smooth brick, bucket, stove and etc. The evaluation method used in vocational learning skill of making salted eggs is observation of learning process which describing in a descriptive form. The implication of this research is that vocational learning skill of making salted eggs can be one of provision independence for student with physical and motor disabilities. &#xD; &#xD; Key : vocational learning skill, salted eggs, student with physical and motor disabilities.</description><date>2020-02-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/1/01%20COVER%20HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/2/02%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/3/03%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/4/04%20LEMBAR%20PERNYATAAN%20ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/5/05%20LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/6/06%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/7/07%20DAFTAR%20ISI%2C%20TABEL%2C%20GAMBAR%2C%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/9/08%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/8/09%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/10/10%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/11/11%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/12/12%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/13/13%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5574/14/14%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> VERA NUR AMALIYA, . (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK TUNADAKSA SATUAN PENDIDIKAN SMPLB (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLBD-D1 YPAC JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>5574</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author VERA NUR AMALIYA, .
title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK TUNADAKSA SATUAN PENDIDIKAN SMPLB (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLBD-D1 YPAC JAKARTA)
publishDate 2020
topic Pendidikan Khusus
url http://repository.unj.ac.id/5574/1/01%20COVER%20HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/2/02%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/3/03%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/4/04%20LEMBAR%20PERNYATAAN%20ORISINALITAS.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/5/05%20LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/6/06%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/7/07%20DAFTAR%20ISI%2C%20TABEL%2C%20GAMBAR%2C%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/9/08%20BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/8/09%20BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/10/10%20BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/11/11%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/12/12%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/13/13%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/14/14%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/5574/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data terkait pembelajaran keterampilan vokasional pembuatan telur asin untuk peserta didik tunadaksa pada satuan pendidikan SMPLB di SLBD-D1 YPAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis pada tiap teknik tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pembelajaran ini guru tidak membuat silabus, RPP dan PPI, namun sebelum pembelajaran berlangsung guru mendiskusikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pembelajaran tersebut dan mencatatnya pada buku sebagai persiapan. Metode yang digunakan oleh guru pada pembelajaran ini adalah metode ceramah, metode demonstrasi dan praktik. Bahan dan media yang digunakan dalam pembelajaran ini berupa telur bebek, sekam, abu, batu bata halus, ember, kompor, dan lain sebagainya. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran ini yaitu berupa pengamatan proses pembelajaran yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan vokasional pembuatan telur asin dapat menjadi salah satu bekal kemandirian bagi peserta didik tunadaksa. Kata Kunci: pembelajaran keterampilan vokasional, telur asin, tunadaksa This research aim for describing a data about vocational learning skill of making salted eggs for junior high school student with physical and motor disabilities at SLBD-D1 YPAC Jakarta. The approach used in this research is qualitative approach with descriptive method. The data collection technique used in this research are interview, observation, and documentation which every technique of this three technique was be analyzed. This research showed that in vocational learning skill of making salted eggs, the teacher did not make a syllabus, lesson plan (RPP) and also personal lesson plan (PPI), but the teacher made a preparation before learning by discussing about the activity that will be carried out and write it on a notes. The method used in a vocational learning skill of making salted eggs are lecture method, demonstration method and practice method. The material and media used are duck eggs, husk, ash, smooth brick, bucket, stove and etc. The evaluation method used in vocational learning skill of making salted eggs is observation of learning process which describing in a descriptive form. The implication of this research is that vocational learning skill of making salted eggs can be one of provision independence for student with physical and motor disabilities. Key : vocational learning skill, salted eggs, student with physical and motor disabilities.
id IOS7130.5574
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:07Z
last_indexed 2020-04-17T17:51:07Z
recordtype dc
_version_ 1686502333858447360
score 17.538404