PENGARUH SIKAP PADA MATA PELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK N 22 JAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017
Main Author: | Safitri Warti, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/483/1/SAFITRI%20WARTI%208105133097%20skripsi.pdf http://repository.unj.ac.id/483/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap pada mata pelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar mata pelajaran spreadsheet siswa kelas X Akuntansi SMK N 22 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK N 22 Jakarta berjumlah 71 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara sikap pada mata pelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar. Dapat dilihat analisis data menunjukkan bahwa secara parsial sikap pada mata pelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 6,823 lebih besar daripada ttabel yaitu 2,002. Konsep diri secara parsial juga berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 3,618 lebih besar daripada ttabel yaitu 2,002. Secara simultan ada pengaruh antara sikap pada mata pelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar. Hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 48,346 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,16. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara sikap pada mata pelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,793 dengan demikian hipotesis penelitian diterima dan diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 62,9%.