Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Française II
Main Author: | Salman Alfarisi, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3555/1/Abstract.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/2/Interaksi%20Mahasiswa%20Tingkat%20Tiga%20Prodi%20Bahasa%20Prancis%20pada%20Mata%20Kuliah%20CF%20II%20%201.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/3/Riwayat%20Hidup%20Penulis.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/4/Transkrip%20Observasi%20dan%20Wawancara.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi mahasiswa tingkat tiga program studi pendidikan bahasa Prancis pada mata kuliah Civilisation Francaise II serta untuk mengetahui seberapa besar porsi bicara mahasiswa dengan dosen dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut. Untuk mendukung penelitian ini dilakukan observasi sebanyak 4 kali (10 pertemuan) berlangsung sejak 31 Maret sampai 9 Juni 2016 dengan menggunakan perekam suara dan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Mengacu kepada siklus penelitian etnografi yang dipaparkan Spradley, maka langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan suatu proyek etnografi yaitu tempat penelitian ini dilaksanakan. Kemudian, mengajukan pertanyaan etnografi yaitu menemukan permasalahan yang akan dijadikan pembahasan dalam penelitian ini. Selanjutnya, mengumpulkan data etnografi melalui observasi, wawancara, dan dokumen berupa transkrip wawancara dan interaksi kegiatan belajar mengajar selama observasi. Setelah itu, seluruh hasil rekaman yang didapat selama observasi dicatat ke dalam sebuah dokumen seperti transkrip dan catatan lapangan. Sesudah seluruh hasil rekaman dicatat, maka dilakukan teknik analisis data Spradley secara berurutan yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya serta diiringi dengan analisis data interaksi dalam tabel sesuai dengan kategori Brown Interaction Analysis System (BIAS). Kemudian seluruh data yang didapat dituliskan dalam bentuk laporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di dalam kelas Civilisation Francaise II lebih banyak dilakukan oleh dosen. Hal tersebut dapat dilihat melalui besarnya porsi bicara dosen khususnya dalam pemaparan (Teacher Lectures) dan tanggapan dosen (Teacher Responds). Semua itu terjadi dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi baik internal seperti psikologis, fisiologis, dan kelelahan maupun eksternal mahasiswa seperti keluarga dan sekolah.