Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Française II
Main Author: | Salman Alfarisi, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3555/1/Abstract.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/2/Interaksi%20Mahasiswa%20Tingkat%20Tiga%20Prodi%20Bahasa%20Prancis%20pada%20Mata%20Kuliah%20CF%20II%20%201.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/3/Riwayat%20Hidup%20Penulis.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/4/Transkrip%20Observasi%20dan%20Wawancara.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/ |
ctrlnum |
3555 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/3555/</relation><title>Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Française II</title><creator>Salman Alfarisi, .</creator><subject>Bahasa Perancis</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi mahasiswa
tingkat tiga program studi pendidikan bahasa Prancis pada mata kuliah
Civilisation Francaise II serta untuk mengetahui seberapa besar porsi bicara
mahasiswa dengan dosen dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut.
Untuk mendukung penelitian ini dilakukan observasi sebanyak 4 kali (10
pertemuan) berlangsung sejak 31 Maret sampai 9 Juni 2016 dengan menggunakan
perekam suara dan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di
kelas.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan instrumen penelitian ini
adalah peneliti sendiri. Mengacu kepada siklus penelitian etnografi yang
dipaparkan Spradley, maka langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah menentukan suatu proyek etnografi yaitu tempat penelitian ini
dilaksanakan. Kemudian, mengajukan pertanyaan etnografi yaitu menemukan
permasalahan yang akan dijadikan pembahasan dalam penelitian ini. Selanjutnya,
mengumpulkan data etnografi melalui observasi, wawancara, dan dokumen
berupa transkrip wawancara dan interaksi kegiatan belajar mengajar selama
observasi. Setelah itu, seluruh hasil rekaman yang didapat selama observasi
dicatat ke dalam sebuah dokumen seperti transkrip dan catatan lapangan. Sesudah
seluruh hasil rekaman dicatat, maka dilakukan teknik analisis data Spradley secara
berurutan yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema
budaya serta diiringi dengan analisis data interaksi dalam tabel sesuai dengan
kategori Brown Interaction Analysis System (BIAS). Kemudian seluruh data yang
didapat dituliskan dalam bentuk laporan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di dalam kelas
Civilisation Francaise II lebih banyak dilakukan oleh dosen. Hal tersebut dapat
dilihat melalui besarnya porsi bicara dosen khususnya dalam pemaparan (Teacher
Lectures) dan tanggapan dosen (Teacher Responds). Semua itu terjadi
dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi baik internal seperti
psikologis, fisiologis, dan kelelahan maupun eksternal mahasiswa seperti keluarga
dan sekolah.</description><date>2016-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/1/Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/2/Interaksi%20Mahasiswa%20Tingkat%20Tiga%20Prodi%20Bahasa%20Prancis%20pada%20Mata%20Kuliah%20CF%20II%20%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/3/Riwayat%20Hidup%20Penulis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/4/Transkrip%20Observasi%20dan%20Wawancara.pdf</identifier><identifier> Salman Alfarisi, . (2016) Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Française II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>3555</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Salman Alfarisi, . |
title |
Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Française II |
publishDate |
2016 |
topic |
Bahasa Perancis |
url |
http://repository.unj.ac.id/3555/1/Abstract.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/2/Interaksi%20Mahasiswa%20Tingkat%20Tiga%20Prodi%20Bahasa%20Prancis%20pada%20Mata%20Kuliah%20CF%20II%20%201.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/3/Riwayat%20Hidup%20Penulis.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/4/Transkrip%20Observasi%20dan%20Wawancara.pdf http://repository.unj.ac.id/3555/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi mahasiswa
tingkat tiga program studi pendidikan bahasa Prancis pada mata kuliah
Civilisation Francaise II serta untuk mengetahui seberapa besar porsi bicara
mahasiswa dengan dosen dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut.
Untuk mendukung penelitian ini dilakukan observasi sebanyak 4 kali (10
pertemuan) berlangsung sejak 31 Maret sampai 9 Juni 2016 dengan menggunakan
perekam suara dan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di
kelas.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan instrumen penelitian ini
adalah peneliti sendiri. Mengacu kepada siklus penelitian etnografi yang
dipaparkan Spradley, maka langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah menentukan suatu proyek etnografi yaitu tempat penelitian ini
dilaksanakan. Kemudian, mengajukan pertanyaan etnografi yaitu menemukan
permasalahan yang akan dijadikan pembahasan dalam penelitian ini. Selanjutnya,
mengumpulkan data etnografi melalui observasi, wawancara, dan dokumen
berupa transkrip wawancara dan interaksi kegiatan belajar mengajar selama
observasi. Setelah itu, seluruh hasil rekaman yang didapat selama observasi
dicatat ke dalam sebuah dokumen seperti transkrip dan catatan lapangan. Sesudah
seluruh hasil rekaman dicatat, maka dilakukan teknik analisis data Spradley secara
berurutan yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema
budaya serta diiringi dengan analisis data interaksi dalam tabel sesuai dengan
kategori Brown Interaction Analysis System (BIAS). Kemudian seluruh data yang
didapat dituliskan dalam bentuk laporan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di dalam kelas
Civilisation Francaise II lebih banyak dilakukan oleh dosen. Hal tersebut dapat
dilihat melalui besarnya porsi bicara dosen khususnya dalam pemaparan (Teacher
Lectures) dan tanggapan dosen (Teacher Responds). Semua itu terjadi
dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi baik internal seperti
psikologis, fisiologis, dan kelelahan maupun eksternal mahasiswa seperti keluarga
dan sekolah. |
id |
IOS7130.3555 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-03-03T22:16:58Z |
last_indexed |
2020-03-03T22:16:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502328794873856 |
score |
17.538404 |