ctrlnum 3555
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/3555/</relation><title>Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Fran&#xE7;aise II</title><creator>Salman Alfarisi, .</creator><subject>Bahasa Perancis</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi mahasiswa&#xD; tingkat tiga program studi pendidikan bahasa Prancis pada mata kuliah&#xD; Civilisation Francaise II serta untuk mengetahui seberapa besar porsi bicara&#xD; mahasiswa dengan dosen dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut.&#xD; Untuk mendukung penelitian ini dilakukan observasi sebanyak 4 kali (10&#xD; pertemuan) berlangsung sejak 31 Maret sampai 9 Juni 2016 dengan menggunakan&#xD; perekam suara dan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di&#xD; kelas.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan instrumen penelitian ini&#xD; adalah peneliti sendiri. Mengacu kepada siklus penelitian etnografi yang&#xD; dipaparkan Spradley, maka langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini&#xD; adalah menentukan suatu proyek etnografi yaitu tempat penelitian ini&#xD; dilaksanakan. Kemudian, mengajukan pertanyaan etnografi yaitu menemukan&#xD; permasalahan yang akan dijadikan pembahasan dalam penelitian ini. Selanjutnya,&#xD; mengumpulkan data etnografi melalui observasi, wawancara, dan dokumen&#xD; berupa transkrip wawancara dan interaksi kegiatan belajar mengajar selama&#xD; observasi. Setelah itu, seluruh hasil rekaman yang didapat selama observasi&#xD; dicatat ke dalam sebuah dokumen seperti transkrip dan catatan lapangan. Sesudah&#xD; seluruh hasil rekaman dicatat, maka dilakukan teknik analisis data Spradley secara&#xD; berurutan yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema&#xD; budaya serta diiringi dengan analisis data interaksi dalam tabel sesuai dengan&#xD; kategori Brown Interaction Analysis System (BIAS). Kemudian seluruh data yang&#xD; didapat dituliskan dalam bentuk laporan.&#xD; Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di dalam kelas&#xD; Civilisation Francaise II lebih banyak dilakukan oleh dosen. Hal tersebut dapat&#xD; dilihat melalui besarnya porsi bicara dosen khususnya dalam pemaparan (Teacher&#xD; Lectures) dan tanggapan dosen (Teacher Responds). Semua itu terjadi&#xD; dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi baik internal seperti&#xD; psikologis, fisiologis, dan kelelahan maupun eksternal mahasiswa seperti keluarga&#xD; dan sekolah.</description><date>2016-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/1/Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/2/Interaksi%20Mahasiswa%20Tingkat%20Tiga%20Prodi%20Bahasa%20Prancis%20pada%20Mata%20Kuliah%20CF%20II%20%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/3/Riwayat%20Hidup%20Penulis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3555/4/Transkrip%20Observasi%20dan%20Wawancara.pdf</identifier><identifier> Salman Alfarisi, . (2016) Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Fran&#xE7;aise II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>3555</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Salman Alfarisi, .
title Interaksi Mahasiswa Tingkat Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis pada Mata Kuliah Civilisation Française II
publishDate 2016
topic Bahasa Perancis
url http://repository.unj.ac.id/3555/1/Abstract.pdf
http://repository.unj.ac.id/3555/2/Interaksi%20Mahasiswa%20Tingkat%20Tiga%20Prodi%20Bahasa%20Prancis%20pada%20Mata%20Kuliah%20CF%20II%20%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/3555/3/Riwayat%20Hidup%20Penulis.pdf
http://repository.unj.ac.id/3555/4/Transkrip%20Observasi%20dan%20Wawancara.pdf
http://repository.unj.ac.id/3555/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi mahasiswa tingkat tiga program studi pendidikan bahasa Prancis pada mata kuliah Civilisation Francaise II serta untuk mengetahui seberapa besar porsi bicara mahasiswa dengan dosen dan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi tersebut. Untuk mendukung penelitian ini dilakukan observasi sebanyak 4 kali (10 pertemuan) berlangsung sejak 31 Maret sampai 9 Juni 2016 dengan menggunakan perekam suara dan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Mengacu kepada siklus penelitian etnografi yang dipaparkan Spradley, maka langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan suatu proyek etnografi yaitu tempat penelitian ini dilaksanakan. Kemudian, mengajukan pertanyaan etnografi yaitu menemukan permasalahan yang akan dijadikan pembahasan dalam penelitian ini. Selanjutnya, mengumpulkan data etnografi melalui observasi, wawancara, dan dokumen berupa transkrip wawancara dan interaksi kegiatan belajar mengajar selama observasi. Setelah itu, seluruh hasil rekaman yang didapat selama observasi dicatat ke dalam sebuah dokumen seperti transkrip dan catatan lapangan. Sesudah seluruh hasil rekaman dicatat, maka dilakukan teknik analisis data Spradley secara berurutan yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya serta diiringi dengan analisis data interaksi dalam tabel sesuai dengan kategori Brown Interaction Analysis System (BIAS). Kemudian seluruh data yang didapat dituliskan dalam bentuk laporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di dalam kelas Civilisation Francaise II lebih banyak dilakukan oleh dosen. Hal tersebut dapat dilihat melalui besarnya porsi bicara dosen khususnya dalam pemaparan (Teacher Lectures) dan tanggapan dosen (Teacher Responds). Semua itu terjadi dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi baik internal seperti psikologis, fisiologis, dan kelelahan maupun eksternal mahasiswa seperti keluarga dan sekolah.
id IOS7130.3555
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-03-03T22:16:58Z
last_indexed 2020-03-03T22:16:58Z
recordtype dc
_version_ 1686502328794873856
score 17.538404