“PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PEMBELIAN SKINCARE KOREA”
Main Author: | YUNITA DWI LESTARI MAHARANI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3146/1/Yunita%20Dwi%20Lestari%20Maharani_1125152601_Skripsi.pdf http://repository.unj.ac.id/3146/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara konformitas terhadap perilaku konsumtif di kalangan dewasa awal dalam pembelian skincare Korea. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 210 responden (N=210) yang pernah atau sedang melakukan pembelian skincare Korea di Jakarta, dengan menggunakan teknik sampling yaitu non-probability sampling secara purposive sampling. Proses pengambilan data dilakukan menggunakan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Konformitas yang diambil dari teori Myers dengan 31 butir pernyataan dan Skala Perilaku Konsumtif yang diambil dari teori Engel dkk dengan 30 butir pernyataan. Uji analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung = 1751,11 dan nilai p = 0,000, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian skincare Korea di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinan (R square) = 0,894 artinya pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian skincare Korea di jakarta adalah sebesar 89,3% dan 10,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.