PENGARUH GOAL ORIENTATION TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BARU YANG MERANTAU

Main Author: WURI LISTIANA, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3143/1/COVER%20N%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/3143/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara mastery goal dan performance goal terhadap self-regulated learning mahasiswa baru yang merantau. Penelitian ini mengunakan tipe penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru yang merantau di Universitas Negergi Jakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 116 responden yaitu mahasiswa baru yang merantau di Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan teknik insidental. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Peneliti menggunakan alat ukur yang disusun oleh Wolters, dkk (2003) untuk variabel self-regulated learning dan Pintrich, dkk (1991). Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalah dengan menggunakan analisis regresi. Pengaruh yang dihasilkan bersifat positif signifikan, artinya semakin tinggi mastery goal atau performance goal maka semakin tinggi pula self-regulated learning mahasiswa baru yang merantau. Besar pengaruh yang dihasilkan mastery goal adalah sebesar 38.6% dan performance goal sebesar 30.6%.