PENGARUH TINGKATAN CELEBRITY WORSHIP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA DALAM PEMBELIAN PRODUK YANG BERKAITAN DENGAN IDOLA

Main Author: WAODE HENI ANDRAINI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3141/1/WAODE%20HENI%20ANDRAINI_1125151555_PENGARUH%20TINGKATAN%20CELEBRITY%20WORSHIP%20TERHADAP%20PERILAKU%20KONSUMTIF%20R.pdf
http://repository.unj.ac.id/3141/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkatan celebrity worship terhadap perilaku konsumtif remaja pada pembelian produk yang berkaitan dengan idola. Penelitian ini melihat setiap tingkatan celebrity worship yaitu tingkat entertainment-social, intense-personal feeling, dan borderline-pathological pada remaja yang berdomisili di Jakarta apakah memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif pada produk yang berkaitan dengan idola. Produk yang berkaitan dengan idola seperti barang yang pernah dibeli oleh remaja karena memiliki keterkaitan dengan idolanya seperti official merchandise, CD/DVD, tiket konser, dan lain sebagainya. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh tingkatan celebrity worship yaitu entertainment-social, intense-personal feeling, dan borderline-pathological dan uji F untuk melihat pengaruh celebrity worship secara keseluruhan terhadap perilaku konsumtif. Sampel penelitian sebanyak 260 remaja yang tinggal di Jakarta, berusia 15-24 tahun, memiliki idola favorit, tergabung dalam komunitas/fansclub idola, dan pernah membeli produk/barang yang berkaitan dengan idola. Subjek dalam penelitian ini menunjukkan sebanyak 66,5% berada pada tingkat intense-personal feeling, 18,8% pada tingkat borderline-pathological, dan 14,6% berada pada tingkat entertainment-social dan perilaku konsumtif tinggi sebanyak 71,9%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dengan uji F, terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkatan celebrity worship (entertainment-social, intense-personal feeling, dan borderline-pathological) terhadap perilaku konsumtif remaja pada pembelian produk yang berkaitan dengan idola dengan nilai R Square sebesar 24,6%. Selain itu, berdasarkan besarnya koefisien regresi dari masing-masing tingkatan celebrity worship terhadap perilaku konsumtif, intense-personal feeling dan entertainment-social secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif remaja pada pembelian produk yang berkaitan dengan idola.