ASSESSMENT PRACTICES IN CLASSROOM BASED ASSESSMENT (CBA) COURSE: A CASE STUDY OF ELE-SP UNJ

Main Author: DWINDA JATININGSIH, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2964/1/104-SKRIPSI-DWINDA%20JATININGSIH%20Fix%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/2964/2/BIOGRAFI%20PENULIS.pdf
http://repository.unj.ac.id/2964/
Daftar Isi:
  • Studi ini meneliti praktik penilaian di matakuliah Classroom Based Assessment (CBA). Metode dekriptif-kualitatif digunakan dalam studi kasus ini untuk mengetahui sejauh mana praktik penilaian selaras dengan capaian pembelajaran. Analisis dokumen dan wawancara grup digunakan untuk mengumpulkan data yang masing-masing termasuk analisis dokumen RPKPS dan 15 siswa terdahulu yang berpartisipasi dimatakuliah CBA. Hasil temuan menunjukan bahwa satu dari tiga tugas perkuliahan dimatakuliah CBA ditujukan melebihi tujuan pembelajaran. Selanjutnya, siswa mendapati bahwa semua tugas penilaian memberikan dukungan besar untuk mendukung pembelajaran mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan, direkomendasikan untuk pengembang matakuliah sadar akan pentingnya penerapan keselarasan konstruktif dalam merencanakan matakuliah karena dapat memberikan dukungan besar untuk pembelajaran siswa yang akan, pada nantinya, memfasilitasi kegiatan belajar dan mengajar yang efektif.