PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan) (2018)
ctrlnum |
2721 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2721/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM
PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA
KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan)
(2018)</title><creator>Nida Muzdhalifah, .</creator><subject>Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model
pembelajaran guided inquiry pada siswa kelas V SD. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan. subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa dengan 13 siswa
laki-laki dan 16 siswa perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang
digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis & Mc Taggart dengan
tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, angket,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua
siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dengan alokasi waktu
tiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini
adalah adanya peningkatan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA
melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry. Pada siklus I, sikap
ilmiah siswa mencapai persentase 75,8% yaitu 22 siswa dari 29 siswa masuk
kategori sikap ilmiah tinggi dan tinggi atau mendapat skor ≥70. Hasil tersebut
belum mencapai hasil intervensi tindakan yang diharapkan yaitu sikap ilmiah
siswa mencapai 85% dari jumlah kelas V atau 25 siswa dari 29 siswa yang
masuk kategori sangat tinggi dan tinggi atau mendapat skor ≥70. Hasil
pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai rata-rata 86,3%.
Penelitian pada siklus I dinyatakan belum berhasil dikarenakan penggunaan
model pembelajaran guided inquiry yang belum optimal dilihat dari hasil
pemantau tindakan guru dan siswa yang belum mencapai 85%. Kekurangan
pada siklus I tersebut diperbaiki pada siklus II. Sikap ilmiah siswa pada siklus
II meningkat sebesar 13,8% menjadi 89,6% yaitu 26 dari 29 siswa masuk
kategori sikap ilmiah sangat tinggi dan tinggi atau mendapat skor ≥70 sedangkan rata-rata hasil pemantau tindakan guru dan siswa meningkat
menjadi 91,6%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran guided
inquiry dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran
IPA di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan.</description><date>2018-02-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/1/COVER%20HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/2/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/4/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20I%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/5/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20V%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/6/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20II%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/7/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20III%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2721/8/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20IV%29.pdf</identifier><identifier> Nida Muzdhalifah, . (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan) (2018). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2721</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nida Muzdhalifah, . |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM
PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA
KELAS V SD (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan)
(2018) |
publishDate |
2018 |
topic |
Penelitian Tindakan Kelas |
url |
http://repository.unj.ac.id/2721/1/COVER%20HALAMAN%20DEPAN.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/2/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/4/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20I%29.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/5/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20V%29.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/6/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20II%29.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/7/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20III%29.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/8/ISI%20SKRIPSI%20%28BAB%20IV%29.pdf http://repository.unj.ac.id/2721/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model
pembelajaran guided inquiry pada siswa kelas V SD. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan. subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa dengan 13 siswa
laki-laki dan 16 siswa perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang
digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis & Mc Taggart dengan
tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, angket,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua
siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dengan alokasi waktu
tiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini
adalah adanya peningkatan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA
melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry. Pada siklus I, sikap
ilmiah siswa mencapai persentase 75,8% yaitu 22 siswa dari 29 siswa masuk
kategori sikap ilmiah tinggi dan tinggi atau mendapat skor ≥70. Hasil tersebut
belum mencapai hasil intervensi tindakan yang diharapkan yaitu sikap ilmiah
siswa mencapai 85% dari jumlah kelas V atau 25 siswa dari 29 siswa yang
masuk kategori sangat tinggi dan tinggi atau mendapat skor ≥70. Hasil
pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai rata-rata 86,3%.
Penelitian pada siklus I dinyatakan belum berhasil dikarenakan penggunaan
model pembelajaran guided inquiry yang belum optimal dilihat dari hasil
pemantau tindakan guru dan siswa yang belum mencapai 85%. Kekurangan
pada siklus I tersebut diperbaiki pada siklus II. Sikap ilmiah siswa pada siklus
II meningkat sebesar 13,8% menjadi 89,6% yaitu 26 dari 29 siswa masuk
kategori sikap ilmiah sangat tinggi dan tinggi atau mendapat skor ≥70 sedangkan rata-rata hasil pemantau tindakan guru dan siswa meningkat
menjadi 91,6%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran guided
inquiry dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran
IPA di SDN Guntur 01 Pagi Jakarta Selatan. |
id |
IOS7130.2721 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-02-07T12:27:15Z |
last_indexed |
2020-02-07T12:27:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502324172750848 |
score |
17.538404 |