SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR TANGGERANG (Survei yang dilakukan di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di wilayah Kota Tangerang)
Daftar Isi:
- Guru memiliki pengaruh yang signifikan dalam penyelenggaraan sekolah inklusif. Sikap yang positif pada guru adalah poin utama untuk menyempurnakan pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang bagaimana sikap guru terhadap pendidikan inklusif di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif wilayah kota Tangerang. Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik deskriptif. Metode ini memberikan deskripsi atau memberi gambaran terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusif di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif wilayah kota Tangerang. Data diperoleh berdasarkan hasil dan analisis data pada kuesioner yang telah dibagikan kepada 56 responden dengan 30 pernyataan. Responden pada penelitian ini ada guru sekolah dasar pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di wilayah kota Tangerang. Hasil penelitian yang didapat adalah 61% responden memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sangat positif, 84% responden memiliki sikap yang positif, dan 86% responden memiliki tindakan yang positif. Dapat disimpulkan secara keseluruhan menunjukkan bahwa sikap guru terhadap pendidikan inklusif di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif wilayah Tangerang adalah positif.