PENGARUH METODE PAIRED STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta sejak bulan Desember 2017 sampai Juli 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Yang terdiri dari 12 kelas. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 12 Jakarta yang terbagi menjadi dua kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sehingga didapatkan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal dan diuji kepada 34 siswa. Melalui uji validitas dengan rumus “r Product Moment” hasilnya menunjukkan dari 60 soal instrumen 40 soal valid dan 20 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown di peroleh dengan demikian instrumen tersebut dapat digunakan. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh ) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh ) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh maka Ho : μ1 ≥ μ2 atau varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan pada taraf kepercayaan 95% , maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta.