UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 KOTA BEKASI
Main Author: | Hanifan Sidik, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1904/1/Cover%20dll.pdf http://repository.unj.ac.id/1904/2/Hanif_Sripsi%20Bab%201-Lampiran.pdf http://repository.unj.ac.id/1904/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis di lapangan mengenai materi servis bawah bola voli. Untuk itu, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Bekasi. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengaar inklusi. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Olahraga SMP Negeri 03 Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen Sebagai kolaborator, penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaran pukulan teknik servis bawah bola voli melalui pendekatan gaya mengajar inklusi, peningkatan yang terjadi di setiap pembelajaran yang di mulai dengan observasi awal, pertemuan pertama siklus I dan di akhiri pada pertemuan kedua siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerak teknik pukulan servis bawah bola voli. Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.